PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM RIMBA APPS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL

Rita Karyani Maulyawati, NIM.: 22204031027 (2024) PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM RIMBA APPS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM RIMBA APPS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL)
22204031027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM RIMBA APPS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL)
22204031027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tesis dengan judul Pengembangan learning management system rimba apps dalam meningkatkan efektivitas kualitas pendidikan anak usia dini di era digital. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kendala penerapan pendidikan anak usia dini secara umum yaitu sistem pembelajaran kurang inovatif, kurangnya kerjasama antara satuan pendidikan anak usia dini dengan orang tua, tata kelola pendidikan tidak maksimal, serta kekerasan yang terjadi pada anak usia dini. Sedangkan problematikan anak usia dini di era digital atas perkembangan digital yang begitu cepat dan pesat diantaranya : anak menjadi kecanduan gadget sampai menyebabkan gangguan kesehatan anak, meningkatnya agresifitas anak yang menyebabkan adanya kasus seperti bullying pada anak. Kendala lain yang terjadi pada penerapan pendidikan anak usia dini di era digital dari segi satuan pendidikan yaitu keterbatasan komunikasi, kurangnya metode pembelajaran, biaya yang mahal dan sulitnya mengkases teknologi tersebut baik sekolah, guru, dan orang tua. Pada kenyatanya sistem pendidikan yang ada di Indonesia sudah mulai menggunakan sistem digital untuk pengelelolan data pokok pendidikan dimulai dari tingkat dasar dampai dengan pendidikan menegah atas melalui sistem data pokok pendidikan yang dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yang terbatas di informasi sarana dan prasarana sekolah. Sebagian besar satuan pendidikan paud belum memiliki sistem teknologi untuk proses pembelajaran yang hanya sebatas pada sistem dapodik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan learning management system rimba apps yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, (2) Mengetahui kelayakan learning management system rimba apps untuk pendidikan anak usia dini, (3) Mengetahui efektivitas learning management system rimba apps untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pendekatan ADDIE, yaitu: analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Dengan teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua pada satuan pendidikan anak usia dini. Uji coba yang dilakukan terhadap 21 responden yaitu 1 orang ahli teknologi, 10 orang ahli materi terdiri dari guru dan kepala sekolah, 10 orang pengguna dari perwakilan orang tua murid. Hasil penelitian ini adalah (1) Sebuah produk lerning management system rimba apps yang berbasis web. (2) Tingkat kelayakan produk ini diketahui melalui 2penilaian validasi materi dan teknologi mendapatkan hasil rata-rata penilaian 92% melalui ahli media (teknologi), ahli materi (guru) dan ahli pengguna (oran tua) bahwa learning management system rimba apps dinilai masuk ke dalam kategori sangat layak dalam meningkatkan efektivitas kualitas pendidikan anak usia dini dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pada penelitian pengembangan ini sesuai/layak untuk digunakan. (3) Berdasarkan uji efektivitas learning management system rimba apps dalam meningkatkan efektivitas kualitas pendidikan anak usia dini dinilai dengan prosentase rata – rata pada prosentase 93% sangat efektif. Hasil tersebut menunjukan bahwa produk ini sangat efektif dan berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di era digital sesuai dengan komponen kualitas pendidikan anak usia dini. Sehingga aplikasi learning management system rimba apps dapat dijadikan media digital dalam penerapan proses pendidikan untuk mewujdukan dan meningkatkan kualitas pendidikan enak usia dini di era digital. Dimana aplikasi ini dapat digunakan dalam jangka panjang dengan pengembangan yang disesuikan kebutuhan pendidikan anak usia dini yang terus berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: learning management system; early childhood education; lirasi digital
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 16 Jul 2024 09:24
Last Modified: 16 Jul 2024 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum