NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM SURAH AL-HUJURAT AYAT 11-13 DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Analisis Interpretatif kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili)

Muhamad Khusnul Muna, NIM: 1420410195 (2016) NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM SURAH AL-HUJURAT AYAT 11-13 DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Analisis Interpretatif kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM SURAH AL-HUJURAT AYAT 11-13 DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Analisis Interpretatif kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili))
1420410195_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (NILAI TOLERANSI BERAGAMA DALAM SURAH AL-HUJURAT AYAT 11-13 DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Analisis Interpretatif kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili))
1420410195_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

Muhamad Khusnul Muna. Nilai Toleransi Beragama dalam Surah al- Hujurat ayat 11-13 dan Relevansinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam. (Kajian Analisis Interpretatif kitab Tafsir Al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili). Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Prodi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari sebuah kegelisahan, dimana rentetan panjang sejarah konflik Bangsa ini tidak lepas dari problem kedangkalan pemahaman keagamaan. Faktanya, semakin manusia merasa beragama, mereka justru menempatkan dirinya sebagai wakil Tuhan di bumi ini, Dampak terburuk dari konflik-konflik tersebut adalah hilangnya rasa toleransi antar ummat beragama. Dalam suasana seperti ini, agama seringkali menjadi titik singgung paling sensitif dan ekslusif dalam pergaulan pluralitas masyarakat. Oleh karena itu maka perlu adanya reinterpretasi al-Qur‟an. Sebab salah satu tujuan strategis dari al-Qur'an adalah "Rahmatan Lil 'Alamin", yaitu merahmati kehidupan seluruh alam semesta. Sehingga kehadirannya sebagai pedoman umat Islam, diharapkan dalam menyelesaikan masalah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 didalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaili dan bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam Surah Al- Hujurat ayat 11-13 didalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaili dan bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi lembaga keagamaan dalam mengambil keputusan-keputusan dalam hal keagamaan menyangkut hubungan antar agama.untuk kepentingan umatnya agar tidak merugikan pihak lain atau agama tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data primer kitab Tafsir Al-Munir fil Aqidah wa al-Syari‟ah wa al-Manhaj karya Prof. Wahbah Musthofa Al-Zuhaili. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode analisis konten (analysis content). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 didalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaili meliputi empat aspek, yaitu nilai Kemanusiaan, Pluralitas, Keharmonisan Hidup dan Egaliter/Kesetaraan. Nilai Kemanusiaan, meliputilarangan mencela, mengolok-olok umat beragama lain. Nilai Pluralitas, meliputi anjuran untuk saling menghargai dan menghormati sesama umat beragama dikarenakan tujuan agung diciptakannya manusia secara berbeda adalah untuk saling menghargai. Nilai Keharmonisan hidup, meliputi larangan menggunjing dan mencari-cari kesalahan orang lain demi terwujudnya keseimbangan tatanan masyarakat. Nilai Egaliter/Kesetaraan, meliputi bahwa manusia di dunia ini semuanya sama dihadapan Tuhan. Adapun relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam adalah Jika tujuan pendidikan agama tersebut dihubungkandengan konsep nilai toleransi dan pluralitas, maka tampak bahwa didalam pendidikan agama tersebut mengandunghal-hal yang berkaitan dengan pendidikan toleransi dan multikultural, sebagaimana terlihat pada tujuan pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun yaitu mewujudkan peserta didik yang memiliki kemampuanmengendalikan diri, mampu menjaga perdamaian dan kerukunan hubungan intern dan antarumat beragama, berakhlak mulia, kepribadian yang mulia, serta memiliki komitmen mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya bagi kepentingan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Kata Kunci: Nilai Toleransi Beragama, Al-Qur‟an surah Al-Hujurat 11-13, Wahbah Zuhaili.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai Toleransi Beragama, Al-Qur‟an surah Al-Hujurat 11-13, Wahbah Zuhaili.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jan 2017 14:37
Last Modified: 17 Jan 2017 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23531

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum