MENULIS KARYA ILMIAH Panduan Praktis Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi

Machali, Imam (2016) MENULIS KARYA ILMIAH Panduan Praktis Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi. Buku, Vol. 1 (Cet. 1). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Pusat Pengembangan Madrasah Kemenag DIY, Yogyakarta. ISBN 978-602-60346-0-1

[img]
Preview
Image (MENULIS KARYA ILMIAH Panduan Praktis Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi)
Cover KTI_P3_CONVERT.png - Cover Image

Download (664kB) | Preview
[img] Archive (MENULIS KARYA ILMIAH Panduan Praktis Menulis Karya Ilmiah Terpublikasi)
Imam Machali - BUKU MENULIS KTI TERPUBLIKASI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menulis dan mempublikasikan karya Ilmiah bagi sebagian besar pendidik (guru) masih menjadi persoalan serius. Tidak sedikit guru yang tertunda, dan terhalang karir dan kepangkatannya disebabkan oleh tidak terpenuhinya publikasi ilmiah ini. Padahal publikasi ilmiah menjadi syarat wajib dan bagian tidak terpisahkan dari pengembangan profesionalisme dan kompetensi berkelanjutan guru. Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.Tagihan angka kredit yag disyaratkan digunakan sebagai salah satu persyaratan peningkatan karir, dan kemudian sebagai acuan pemberian penghargaan secara adil, professional dan sebagai bentuk pengakuan terhadap profesi, serta kemudian memberikan peningkatan kesejahteraan. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tersebut dengan jelas mengatur prosedur peningkatan karir/jabatan bagi guru bahwa karya ilmiah dan publikasi ilmiah adalah bagian unsur yang tidak terpisahkan dalam pengembangan karir guru, meskipun realitasnya unsur tersebut paling sulit dipenuhi oleh guru dibandingkan dengan unsur-unsur lain. Hal ini sebabkan belum terbangunya budaya meneliti, dan menulis di kalangan para guru. Para guru lebih banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan pembelajaran di kelas, dan pelatihanpelatihan pembelajaran. Sementara menggali problem dan menelitinya, kemudian dituangkan dalam sebuah karya ilmiah dan dipublikasikan di lembagalembaga pempublikasi (publisher) seperti jurnal, seminar, konferensi dan lain-lain masih sangat minim dilakukan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Menulis, karya ilmiah
Subjects: Kepengarangan - Menulis
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Feb 2017 09:23
Last Modified: 17 Feb 2017 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum