IMPLEMENTASI METODE IMLA’ SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP IT ABU BAKAR UMBULHARJO YOGYAKARTA

MOHAMAD KHAFIDH, NIM. 1220411145 (2016) IMPLEMENTASI METODE IMLA’ SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP IT ABU BAKAR UMBULHARJO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE IMLA’ SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP IT ABU BAKAR UMBULHARJO YOGYAKARTA)
1220411145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE IMLA’ SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP IT ABU BAKAR UMBULHARJO YOGYAKARTA)
1220411145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan menulis didapatkan seseorang dari latihan dan bukan dari faktor bawaan. Dalam melakukan kegiatan menulis tentunya mempunyai dasar yang jelas terhadap kegiatan tersebut, sehingga dari kegiatan menulis ini dapat dipetik manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1.Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kemahiran menulis dengan metode imla‟pada mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta. 2. implementasi pembelajaran kemahiran menulis dengan metode dikte(imla‟)pada mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta. 3. faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kemahiran menulis dengan metode imla‟ pada mata pelajaran bahasa arab kelas VII SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Pendekatan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. 1. Hasil Penelitian yang peneliti dapatkan, menyatakan bahwa: Pembelajaran kemahiran menulis menjadi orientasi pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta karena ada beberapa faktor yang melatar belakangi : pertama, faktor orientasi religious, Kedua, orientasi akademik. Ketiga, lebih ke faktor teknis 2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan Metode Imla’ berdasarkan teori ummi merupakan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis bahasa Arab.. Metode Imla’ dalam proses pembelajaran menjadikan ketertarikan tersendiri dalam diri siswa pada saat belajar yang dikarenakan dalam pembelajaran ummi sebagian besar nada mudah di inget dan mudah dalam praktek penulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi ,Metode Dikte ,Menulis ,Bahasa Arab,Teori Ummi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Mar 2017 13:38
Last Modified: 03 Mar 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum