PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAM AL-FURQON, NITIKAN, YOGYAKARTA

UMI LATIFAH - NIM. 00420249, (2009) PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAM AL-FURQON, NITIKAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAM AL-FURQON, NITIKAN, YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAM AL-FURQON, NITIKAN, YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Taman Kanak-kanak (TK) adalah salah satu bentuk lembaga pendidikan bagi anak berusia dini. Pengajaran kosakata bahasa Arab pada tingkat Taman Kanak-kanak sangat diperlukan sebagai dasar bagi pengembangan kosakata bahasa Arab pada jenjang yang lebih tinggi. Penulis memilih TK Islam al-Furqon Nitikan Yogyakarta sebagai tempat penelitian oleh karena TK Islam al-Furqon memiliki asas Islam, serta merupakan salah satu TK yang mengajarkan bahasa Arab pada anak didiknya. Secara umum, penulisan ini dilakukan dengan beberapa tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses pengajaran kosakata bahasa Arab di TK Islam al-Furqon Nitikan Yogyakarta, mendeskripsikan dan menjelaskan problematika yang terjadi dalam pengajaran kosakata bahasa Arab di TK Islam al-Furqon Nitikan Yogyakarta, serta mendeskripsikan dan menjelaskan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika pengajaran kosakata bahasa Arab di TK Islam al- Furqon Nitikan Yogyakarta. Dari hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut, pertama, bahwa pemberian materi pelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak Islam al-Furqon senantiasa menyesuaikan dengan kemampuan anak didik. Kedua, kurang matangnya desain kurikulum atau perencanaan pengajaran bahasa Arab mengakibatkan belum terarahnya pemberian materi bahasa Arab, ketiga, tidak adanya suatu dokumen khusus hasil evaluasi tentang kemampuan siswa dalam memahami materi bahasa Arab mengakibatkan kurang tergambarkannya tingkat pemahaman siswa terhadap materi bahasa Arab, keempat, kurangnya sarana prasarana pendukung dalam pengajaran bahasa Arab mengakibatkan kegiatan belajar mengajar terkesan monoton dan menimbulkan kejenuhan siswa, dan kelima, alokasi waktu untuk kegiatan belajar mengajar bahasa Arab sangat terbatas sehingga mengakibatkan terbatasnya pemberian materi kosakata bahasa Arab. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problem yang berkaitan dengan kurang matangnya perencanaan dalam pengajaran kosakata bahasa Arab, guru berupaya untuk menyesuaikan perencanaan pengajaran kosakata bahasa Arab dengan kondisi peserta didik dan kondisi yang terjadi dalam proses pengajaran kosakata bahasa Arab. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problem yang berkaitan dengan tidak adanya dokumen khusus yang menunjukkan perkembangan kemajuan siswa dalam memahami dan menguasai kosakata bahasa Arab, adalah dengan membuat evaluasi lisan secara berkala yaitu setiap kali selesai memberikan materi kosakata bahasa Arab sehingga senantiasa terlihat sampai sejauhmana perkembangan kemajuan siswa dalam memahami kosakata bahasa Arab. Selain itu, untuk dokumen tertulis mengenai perkembangan kemampuan siswa dalam memahami kosakata bahasa Arab ini, guru berupaya mulai membuat catatan mengenai materi yang telah disampaikan pada kolom penilaian disetiap pertemuan. Perkembangan kosakata siswa dapat dilihat dari catatan mengenai jumlah kosakata yang telah dikuasai oleh siswa. Sedangkan untuk permasalahan yang berkaitan dengan terbatasnya media atau alat peraga sebagai penunjang dalam pengajaran kosakata bahasa Arab, guru berupaya memberikan materi dengan alat peraga yang dekat dengan diri peserta didik. Mengenai problem yang berkaitan dengan kurangnya alokasi waktu yang tersedia, guru telah berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan materi-materi yang dirasa mudah dipahami dan dekat dengan diri peserta didik sehingga tidak terlalu memakan banyak waktu, misalnya materi tentang anggota badan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 25 Mar 2013 22:14
Last Modified: 04 Apr 2017 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum