PENGEMBANGAN ANDROBOOK KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA TULI KELAS X SMA/MA

NAJID AZMA, NIM. 12670036 (2017) PENGEMBANGAN ANDROBOOK KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA TULI KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ANDROBOOK KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA TULI KELAS X SMA/MA)
12670036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ANDROBOOK KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA TULI KELAS X SMA/MA)
12670036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk aplikasi Androbook serta mengkaji kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia SMA/MA, dan respon siswa Tuli. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan masukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan peer review, untuk kemudian dinilaikan pada guru kimia SMA/ MA yang pernah mengajar siswa difabel. Produk juga direspon oleh siswa Tuli. Penilaian produk meliputi 6 aspek penilaian dan angket respon untuk mengetahui keberfungsian produk sebagai media belajar mandiri siswa Tuli. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Karakteristik aplikasi Androbook Kimia Materi Struktur Atom sebagai media belajar mandiri adalah berupa aplikasi android berformat .apk yang memuat penjelasan dan latihan soal materi Struktur Atom dengan struktur kata yang disesuaikan dengan Bahasa komunikasi siswa Tuli, serta dilengkapi dengan menu Kamus untuk membantu siswa Tuli belajar mandiri dalam memahami materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, aplikasi Androbook yang dikembangkan mendapatkan skor 68 dengan persentase keidealan 80% sehingga dikategorikan Baik (B). Penilaian ahli media mendapatkan skor 45 dari 50 dengan persentase keidealan 90% sehingga masuk kategori Sangat Baik (SB). Adapun penilaian menurut guru kimia, produk mendapatkan skor 236 dengan persentase keidealan 87,41% dan kualitas Sangat Baik (SB). Respon dari siswa Tuli menghasilkan skor 37 dengan persentase keidealan 77,08% sehingga dapat dikatakan aplikasi cukup disukai dan dapat menjadi media belajar mandiri siswa Tuli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, android, struktur atom,
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:45
Last Modified: 23 Mar 2017 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum