IMPLEMENTASI BRANDING STRATEGY DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

AHMAD AFRIZAL RIZQI, NIM. 12490006 (2017) IMPLEMENTASI BRANDING STRATEGY DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BRANDING STRATEGY DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
12490006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BRANDING STRATEGY DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
12490006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi branding strategy di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Branding merupakan kumpulan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam proses membangun dan membesarkan brand. Intensitas persaingan yang tinggi mengharuskan setiap lembaga pendidikan memiliki brand yang kuat agar mampu bersaing dan terus diakui keberadaanya. Bagi lembaga pendidikan, brand merupakan aset penting sekaligus pembeda dengan lembaga lain. Melalui branding strategy dapat membantu konsumen/stakeholder dalam penyusunan informasi terhadap nilai yang ada didalamnya. Nilai inilah yang akan menjadikan pertimbangan untuk memilih produk/lembaga tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data baik berupa tabel maupun gambar, serta penarikan kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan untuk menjawab fokus permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep dasar branding di MAN Maguwoharjo menggunakan konsep image dan functional brand. Tingkat kesadaran merek (brand awareness) di MAN Maguwoharjo berada pada tingkatan top of mind atau puncak fikiran. Hal tersebut dikarenakan MAN Maguwoharjo mempunyai aspek nilai yang tidak terdapat pada lembaga lain yaitu penyelenggaraan madrasah inklusi yang sudah diakui dan berprestasi. MAN Maguwoharjo dalam prespektif kualitas (perceived quality) sebagai penyelenggara sekaligus pelopor madrasah inklusi sudah terbukti kualitasnya dengan prestasi dan penghargaan yang diraih oleh madrasah. Adapun asosiasi merek (brand association) MAN Maguwoharjo diantaranya dalam bidang ekstrakulikuler berupa kegiatan unggulan dan bidang kerjasama berupa hubungan dengan lembaga lain. Loyalitas merek (brand loyalty) terhadap MAN Maguwoharjo diantaranya program penerimaan peserta didik baru yang semakin meningkat dan komitmen lulusan dari MTs YAKETUNIS untuk melanjutkan pendidikan di MAN Maguwoharjo. Adapun faktor penghambat implementasi branding strategy di MAN Maguwoharjo diantaranya, sumber daya manusia yang terbatas dari segi pemenuhan kebutuhan belajar siswa difabel dan keuangan/pembiayaan yang kurang maksimal. Sedangkan faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang cukup memadai, kualitas lembaga yang telah terakreditasi sangat baik, dan faktor pembiayaan untuk siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Branding Strategy
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:45
Last Modified: 10 Apr 2017 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24982

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum