PEMODELAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS UNTUK MENGOPTIMASI RUTE DISTRIBUSI PRODUK SARI ROTI DENGAN METODE ALGORITMA SWEEP DAN MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus pada CV. Jogja Transport)

Hana Savitri, NIM. 12660001 (2017) PEMODELAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS UNTUK MENGOPTIMASI RUTE DISTRIBUSI PRODUK SARI ROTI DENGAN METODE ALGORITMA SWEEP DAN MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus pada CV. Jogja Transport). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12660001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12660001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

CV Jogja Transport merupakan salah satu mata rantai distribusi PT. Nippon Indosari Corporindo dalam mendistribusikan produk Sari Roti di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Kab. Bantul. Perusahaan memiliki karakteristik pendistribusian yakni pengiriman dilakukan dalam kurun waktu dimana customer/toko dapat dilayani atau dalam kasus perancangan rute distribusi dikenal dengan VRPTW. Saat ini, sistem pendistribusian perusahaan menggunakan sistem zona dengan cara membagi peta wilayah Bantul menjadi 6 bagian atau sesuai jumlah sales, untuk kemudian pada setiap zona ditugaskan seorang sales. Pendistribusian dengan cara tersebut belum menjamin bahwa rute yang ditempuh kendaraan optimal. Untuk mendapatkan rute kendaraan yang optimal dalam proses pendistribusian, maka digunakan modifikasi Algoritma Sweep untuk pengelompokkan customer dan MILP untuk menentukan rute kendaraan pada masing-masing kelompok atau cluster. Berdasarkan hasil pengelompokkan menggunakan modifikasi Algoritma Sweep, customer terbagi menjadi 6 cluster, dan berdasarkan MILP diperoleh rute dengan jarak tempuh minimal cluster atau kendaraan 1,2,3,4,5 dan 6 berturut-turut yakni sejauh 22.316 km, 14.75 km, 53.05 km, 41.45 km, 27.54 km dan 26.3 km. Secara keseluruhan, rute usulan berdasarkan Modifikasi Algoritma Sweep dan MILP mampu menurunkan jarak tempuh sebesar 10.95%, waktu tempuh sebesar 2.60%, dan ongkos bahan bakar sebesar 10.95%. Kata kunci: optimasi, vrptw, algoritma sweep, milp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: optimasi, vrptw, algoritma sweep, milp
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 11:01
Last Modified: 07 Apr 2017 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum