FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL TENTANG TRANSAKSI LINDUNG NILAI SYARIAH ATAS NILAI TUKAR (HEDGING SYARIAH) STUDI ATAS FATWA NO. 96/DSN-MUI/IV/2015

Irvandi Vidi Rianto, NIM. 11380023 (2016) FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL TENTANG TRANSAKSI LINDUNG NILAI SYARIAH ATAS NILAI TUKAR (HEDGING SYARIAH) STUDI ATAS FATWA NO. 96/DSN-MUI/IV/2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL TENTANG TRANSAKSI LINDUNG NILAI SYARIAH ATAS NILAI TUKAR (HEDGING SYARIAH) STUDI ATAS FATWA NO. 96/DSN-MUI/IV/2015)
11380023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL TENTANG TRANSAKSI LINDUNG NILAI SYARIAH ATAS NILAI TUKAR (HEDGING SYARIAH) STUDI ATAS FATWA NO. 96/DSN-MUI/IV/2015)
11380023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Masalah dalam penelitian ini didekati dengan norma-norma hukum Islam, dalam hal ini hukum perjanjian dan jual beli mata uang dalam Islam yang mengatur mengenai adanya transaksi lindung nilai atau hedging. Kemudian, dianalisis sesuai dengan kerangka teori yang digunakan. Sifat Penelitian ini adalah deskriptip-analitik, yaitu meggambarkan dan menguraikan istinbāṭ hukum yang digunakan fatwa DSN MUI tentang transaksi lindung nilai atau hedging syariah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa DSN-MUI mengeluarkan transaksi lindung nilai syariah berdasarkan pertimbangan diperlukannya instrument lindung nilai berbasis syariah dalam rangka memitigasi risiko ketidakpastian pergerakan nilai tukar serta mendukung kebijakan pemerintah dalam perbankan syariah. Lindung nilai atau hedging syariah dalam fatwa DSN membolehkannya berlandaskan al-Qur‟an, Hadis, kaidah fiqih dan pendapat para ulama yang menjelaskan bahwa muwa’adah atau perjanjian bukan jual beli dan diperbolehkan dalam akad sharf. Serta dalam pelaksanaan transaksi hedging syariah tidak diperbolehkan untuk spekulatif atau untung-untungan dan harus ada kebutuhan nyata dalam melaksanakan transaksi hedging syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Kholid Zulfa, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Fatwa, Dewan Syariah, lindung nilai, dan nilai tukar
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:19
Last Modified: 25 Apr 2017 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum