PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN

ERUM RUM'ATI, NIM. 01410708 (2006) PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PAL DAN IMPLIKASINY A TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DL SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN HAPPY LEARNING DALAM PAL DAN IMPLIKASINY A TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DL SDIT SALSABILA BAITURRAHMAN PRAMBANAN KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan masih banyaknya proses pembelajaran di sekolah-sekolah yang monoton, hanya mengedepankan sisi koknisi saja, kurangnya variasi metode mengajar dan terbatasnya kemampuan guru dalam mengajar, sehingga siswa menjadi jenuh dalam belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran secara nyata proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga akan berimplikasi positif terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Salsabila Baiturrahman Prambanan Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif-analitis dengan cara reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1 ). Untuk melaksanakan Happy Learning dalam PAl, pihak sekolah berupaya menyediakan fasilitas fisik dan juga fasilitas penunjang seperti Komputer. Ketika mengajar para guru selalu menggunakan variasi baik dari metode, media dan materi maupun tempat yang digunakan dalam proses pembelajaran. Para guru pun membangun zona emosional dengan siswa dengan cara membina keharmonisan antar guru maupun siswa dengan penuh kasih sayang dan keramahan. 2). Faktor pendukung: Internal; lingkungan yang kondusif, sarana computer, kepiawaian para guru dalam mengajar. Ekstemal; keljasama antara Yayasan Pusat Dakwah dan Pendidikan SPA Yogyakarta dengan Yayasan Masjid Baiturrahman, juga kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan para orang tua wali siswa. 3). Happy Learning berpengaruh baik tehadap minat belajar siswa. Terbukti dengan; siswa memiliki perhatian dan kecenderungan tinggi terhadap materi PAl, siswa selalu berperan aktif ketika proses pembelajaran PAl, siswa berkemauan tinggi untuk mengikuti pelajaran PAI, siswa selalu siap baik fisik maupun psikis untuk menerima pelajaran PAl.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karwadi, S. Ag M. Ag
Uncontrolled Keywords: Happy Learning, Minat Belajar Siswa, SDIT Salsabila Baiturrahman Prambanan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2017 10:36
Last Modified: 03 Jul 2017 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum