PEMBELAJARAN AKHLAK TERHADAP ALAM DI SEKOLAH ALAM BANDUNG (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE)

IDA ROSIDA, NIM. 01410602 (2006) PEMBELAJARAN AKHLAK TERHADAP ALAM DI SEKOLAH ALAM BANDUNG (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AKHLAK TERHADAP ALAM DI SEKOLAH ALAM BANDUNG (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AKHLAK TERHADAP ALAM DI SEKOLAH ALAM BANDUNG (STUDI TENTANG MATERI DAN METODE))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi serta metode pembelajaran akhlak terhadap alam serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan materi dan metode dalam pembelajaran akhlak terhadap alam. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi dalam hal pembelajaran akhlak terhadap alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian Sekolah Alam Bandung. Sekolah ini memiliki 4 jenjang pendidikan yaitu Play Group A, Play Group B, TK dan SO. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian di jenjang SO. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi atau pengamatan, wawancara mendalam (in deph interview), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah kemudian ditarik simpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (I) materi pembelajaran akhlak terhadap alam di Sekolah Alam Bandung terdiri dari akhlak terhadap makhluk hidup, akhlak terhadap makhluk tak hidup, akhlak terhadap lingkungan sekitar, menjual produk basil bertani dan betemak, dan pembelajaran skill untuk survive di alam. (2) metode yang diterapkan dalam pembelajaran akhlak terhadap alam ini yaitu: metode fun learning. metode learning by experient-eksperiment yang terdiri dari metode bertani dan betemak, metode diskusi, metode outing. metode outbound, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode visualisasi dengan memajang stiker, metode pemanfaatan kertas bekas, dan metode studi kasus. (3) basil dari pembelajaran akhlak terhadap alam dengan materi dan metode yang telah disebutkan yaitu: a) dengan pendekatan tematik atau pendekatan integratif, peserta didik dapat mengetahui berbagai ilmu yang semakin bertambah. b) anak didik Sekolah Alam Bandung memiliki sikap mental yang cukup baik sebagai perwujudan sikap seorang 'abdi dan khalifah. Mereka menjadi pribadi yang tidak kenai takut terhadap segala hal yang ada di alam. Sebagai contoh mereka mampu berinteraksi dengan baik terhadap binatang kucing, ular, kuda dan ikan, selain itu mereka juga tidak takut terhadap adanya fenomena alam seperti petir dan hujan. Pada intinya mereka memiliki jiwa yang pemberani c) anak didik Sekolah Alam Bandung memiliki keterampilan untuk dapat tetap survive di alam (4) faktor pendukung pembelajaran akhlak terhadap alam di Sekolah Alam Bandung di antaranya guru yang berkualitas, alam sebagai media pembelajaran dan buku. Adapun faktor penghambatnya yaitu kekurangmampuan guru untuk mengeksplorasi metode yang digunakan, peralatan yang kurang memadai, kehawatiran orang tua, dan belum diberikannya kebebasan untuk mengembangkan sebuah konsep pendidikan Sekolah Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akhlak, Sekolah Alam Bandung.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jul 2017 10:17
Last Modified: 10 Jul 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum