KONSEP MANUSIA DALAM BUKU LUKISAN KALIGRAFI KARYA A. MUSTOFA BISRI (Telaah Dari Perspektif Pendidikan Islam)

SHOLEH NIM: 03410082, (2009) KONSEP MANUSIA DALAM BUKU LUKISAN KALIGRAFI KARYA A. MUSTOFA BISRI (Telaah Dari Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP MANUSIA DALAM BUKU “LUKISAN KALIGRAFI” KARYA A. MUSTOFA BISRI(Telaah Dari Perspektif Pendidikan Islam))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MANUSIA DALAM BUKU “LUKISAN KALIGRAFI” KARYA A. MUSTOFA BISRI(Telaah Dari Perspektif Pendidikan Islam))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan Islam yaitu untuk membina manusia agar menjadi makhluk sempurna namun realitasnya masih sering terjadi tragedi kemanusiaan seperti persengketaan antar kelompok atau golongan dan yang lebih ironis lagi di lembaga pendidikan pun masih terjadi kekerasan terhadap peserta didik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep manusia dalam buku Lukisan Kaligrafi dan bagaimanakah relasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep manusia menurut A. Mustofa Bisri sebagaimana terkandung dalam buku Lukisan Kaligrafi serta relasinya terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan pendidikan Islam yang berwawasan kemanusiaan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Pragmatis filosofis. Pendekatan ini memandang bahwa teks sastra mempunyai makna dan tujuan yang ingin disampaikan penulisnya, oleh karena itu memerlukan pemahaman yang mendalam agar dapat mencapai tujuan filosofisnya. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui metode dokumentasi baik terhadap data primer maupun data sekunder. Untuk memberikan makna terhadap data tersebut dilakukan analisis dengan metode heuristik hermeunetis yang kemudian dari makna itu dapat ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manusia diciptakan dari dua substansi yaitu jasmaniah dan rohaniah. Kedua substansi tersebut dapat berkembang dan membentuk satu kesatuan makhluk dalam bentuk sebaik baiknya makhluk. Dalam substansi tersebut terdapat potensi yang dapat berkembang dan akhirnya menunjukkan serta mengukuhkan hakikat manusia, bahwa manusia mempunyai tujuan hidup sebagai hamba Allah yang mempunyai tugas untuk mengabdikan hidup kepada-Nya, sebagai khalifah fil ard{ yang mempunyai tugas untuk menyejahterakan tata kehidupan di muka bumi ini. Selain itu manusia juga berperan dalam kapasitasnya sebagai makhluk yang berkesadaran atas realitas diri dan sekitarnya, dan juga makhluk yang berakal dan berkehendak yang mempunyai kebebasan berpikir untuk dapat menentukan pilihan dalam hidupnya. 2) Konsep manusia sebagaimana tersebut di atas menghendaki adanya proses pengarahan dan pengembangan yang dapat dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan diperlukan agar potensi manusia dapat berkembang menjadi sumber daya manusia yang berguna bagi kehidupan. Sehingga manusia dapat menjadi pribadi utuh dan makhluk sempurna yang cakap dalam kehidupan dunia dan juga kehidupan akhiratnya. Untuk mencapai tujuan tersebut pendidikan harus dilaksanakan dengan mengembangkan potensi manusia secara utuh, tidak hanya pada dimensi intelektual, namun dimensi psikologis, sosiologis dan transenden dikembangkan bersama-sama. Dengan kata lain seluruh aspek antropologis manusia harus diperhatikan secara komprehensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep, Manusia, Lukisan Kaligrafi, A. Mustofa Bisri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 09 Aug 2012 18:31
Last Modified: 09 Aug 2012 18:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum