PRAKTIK TRANSAKSI UTANG PIUTANG MENGGUNAKAN KREDIT EMAS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI KAMPUNG RANCAGENENG KEL. SUKAJAYA KEC. BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA)

FITRIA WIJAYANTI, NIM. 13380027 (2017) PRAKTIK TRANSAKSI UTANG PIUTANG MENGGUNAKAN KREDIT EMAS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI KAMPUNG RANCAGENENG KEL. SUKAJAYA KEC. BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK TRANSAKSI UTANG PIUTANG MENGGUNAKAN KREDIT EMAS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI KAMPUNG RANCAGENENG KEL. SUKAJAYA KEC. BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA))
13380027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK TRANSAKSI UTANG PIUTANG MENGGUNAKAN KREDIT EMAS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI DI KAMPUNG RANCAGENENG KEL. SUKAJAYA KEC. BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA))
13380027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untutk mencari identifikasi jenis akad, kemungkinan riba dan hukum praktik transaksi utang piutang menggunakan kredit emas yang dilakukan masyarakat Kampung Rancageneng, Tasikmalaya dalam perspektif Hukum Islam. Transaksi jual beli kredit emas ini digunakan sebagai transaksi alternatif dalam meminjam uang. Wujud transaksi ini adalah perpaduan antara dua akad jual beli yang dilakukan secara beruntun. Namun, ada maksud terselubung dari pihak pembeli untuk menggunakan akad ini sebagai jalur untuk berutang-piutang uang. Oleh karenanya, bisa saja terjadi riba dalam transaksi karena memang ada unsur kerugian yang didapat oleh pihak pembeli. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan yang dilakukan dengan metode deskriptif analitis. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara serta studi kepustakaan untuk kemudian dianalisis dengan metode induktif. Sebagai hasilnya diketahui bahwa praktik ini murni merupakan akad jual beli dan termasuk ke dalam bai’ al-tawarruq. Transaksi ini merupakan bentuk kilah riba yang diperbolehkan karena sesuai dengan prinsip-prinsip muamalah dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan (al-h{a<jah). Sehingga, hukumnya diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Kholid Zulfa, M. Si.
Uncontrolled Keywords: utang piutang, kredit emas, h{i<lah (h{iyal) riba, kilah riba, bai’ altawarruq.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:59
Last Modified: 31 Jul 2017 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum