AHMAD SAEPUL MALIK, NIM. 12420058 (2017) ṢIFAT MAUṢUF DALAM KITAB AL-AKHLĀQ LI AL-BANĪN DAN METODE PEMBELAJARANNYA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.
|
Text (ṢIFAT MAUṢUF DALAM KITAB AL-AKHLĀQ LI AL-BANĪN DAN METODE PEMBELAJARANNYA)
12420058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
Text (ṢIFAT MAUṢUF DALAM KITAB AL-AKHLĀQ LI AL-BANĪN DAN METODE PEMBELAJARANNYA)
12420058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Selain ilmu shorof, Ilmu nahwu merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Arab. Sebagaimana dikatakan Ilmu shorof merupakan bapaknya ilmu dan ilmu nahwu bapanya.Ilmu nahwu mempelajari kaidah-kaidah bahasa Arab dalam menyusun kalimat dan cara membaca akhir kata dalam kalimat yang dikenal dengan istilah i’rab. Salah satu pembahasan ilmu nahwu adalah Ṣifat (na’at) dan Mauṣuf (man’ut). Pada penelitian ini peneliti akan membahas Ṣifat dan mauṣuf yang terdapat pada kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn Juz 1 karya ‘Umar Bin Aḥmad Bārajā dan metode pembelajarannya. Rumusan masalah terdiri dari (1) Bagaimana susunan penulisan Ṣifat dan Mauṣuf dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn Juz 1 karya ‘Umar Bin Aḥmad Bārajā, (2) Bagaimana metode pembelajaran Ṣifat dan Mauṣuf dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn Juz 1 karya ‘Umar Bin Aḥmad Bārajā. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan sumber data adalah kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn Juz 1 karya ‘Umar Bin Aḥmad Bārajā. Data penelitian ini adalah Ṣifat dan Mauṣuf yang terdapat pada kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn Juz 1 karya ‘Umar Bin Aḥmad Bārajā. Metode penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan 106 data Ṣifat dan mauṣuf dari kitab Al- Akhlāq Li Al-Banīn Juz 1 karya ‘Umar Bin Aḥmad Bārajā yang kemudian di analisis dari segi sintaksis, data tersebut terdiri dari na’at haqiqi yang terbentuk dari na’at mufrad, na’at jumlah, na’at ṣibḥi jumlah. Dan Ṣifat mauṣuf yang terbentuk dari mufrad, tasniyyah, jamak, Mużakar, mu’anats, ma’rifat dan nakirah. Adapun metode yang dapat digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Maksudin M.Ag, selaku |
Uncontrolled Keywords: | Sintaksis, Ilmu Nahwu, Ṣifat dan Mauṣuf, metode pengajaran |
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 13:52 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 13:52 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26971 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |