NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PENJURU 5 SANTRI KARYA WIMBADI JP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Siti Najiyah, NIM. 13410025 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PENJURU 5 SANTRI KARYA WIMBADI JP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PENJURU 5 SANTRI KARYA WIMBADI JP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM PENJURU 5 SANTRI KARYA WIMBADI JP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SITI NAJIYAH. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Penjuru 5 Santri Karya Wimbadi JP dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini yaitu, Komposisi pendidikan karakter di Indonesia yang dirasakan belum begitu berhasil. Terbukti dengan masih banyaknya perilaku peserta didik di lingkungannya, baik saat intraksi sosial intern peserta didik masih terjadi perkelahian antar pelajar, pelecehan seksual, kemampuan akademik menurun disebagian mata pelajaran, dan masih banyak yang menyontek. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, penanaman nilai-nilai pendidikan khususnya pendidikan karakter dapat melalui media film. Film merupakan media komunikasi yang efektif dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Film memiliki daya tarik dan memiliki kemampuan mengantar pesan secara unik. Dengan pemutaran film tertentu sebenarnya ada penanaman nilai-nilai, norma-norma, dan perilaku tertentu yang secara implisit terkandung dalam skenario film tersebut namun tidak banyak yang menyadarinya. Perilaku-perilaku telah dimainkan oleh berbagai aktor dan aktris film Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library Research), substansi pembahasan dalam penelitian ini adalah tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Penjuru 5 Santri karya Wimbadi JP dan relevansinya dengan PAI. Dengan pendekatan semiotika. Sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis dengan analisis dokumen (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film penjuru 5 Santri karya Wimbadi JP, yaitu: Nilai Religius, Nilai Kerja Keras, Nilai Mandiri, Nilai Persahabatan/komunikatif, Nilai Tolong Menolong, Nilai Rasa Ingin Tahu, Nilai semangat Kebangsaan, Nilai Cinta Tanah Air, Nilai Gemar Membaca, Nilai Cinta Ilmu relevan dengan tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, metode, materi PAI tingkat SD, dan media pembelajaran. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Film Penjuru 5 Santri, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Film Penjuru 5 Santri, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Oct 2017 09:37
Last Modified: 24 Oct 2017 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum