TINGKAT LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA

IKA NUR HARINI, NIM. 13480071 (2017) TINGKAT LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA)
13480071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA)
13480071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ika Nur Harini,"Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota". Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Di SD Muhammadiyah Bantul Kota khususnya kelas IV, beberapa peserta didiknya memiliki kebiasaan membaca secara sembunyi-sembunyi ketika kegiatan pembelajaran kemudian ada juga yang mendapatkan sebutan "perpustakaan keliling" karena hobinya membaca. Rata-rata buku yang dibaca oleh anak-anak tersebut adalah seperti novel dan komik. Nilai akademiknya tetap naik meskipun tidak selalu memperhatikan guru ketika pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi membaca peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif noneksperimen dengan metode kuantitatif deskripstif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV A, IV B, IV C dan IV D. Sampel diperoleh dengan cara teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas IV A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Tes dan angket yang digunakan diambil dari PIRLS Framework dan beberapa dibuat oleh peneliti. Tes yang digunakan berisi pertanyaan untuk mengetahui aspek tujuan membaca dan proses pemahaman. Angket berisi pernyataan-pernyataan untuk mengetahui kebiasaan peserta didik dalam membaca di rumah. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca dilihat dari aspek tujuan membaca dan proses pemahaman terbagi menjadi 5 kriteria, yaitu terdapat 10 peserta didik memperoleh kriteria sangat tinggi (A), 10 peserta didik memperoleh kriteria tinggi (B), 3 peserta didik meperoleh kriteria sedang (C), 3 peserta didik memperoleh kriteria rendah (D), dan 5 peserta didik memperoleh kriteria sangat rendah (E). Sehingga diperoleh rata-rata persentase yaitu 67 dengan kriteria tinggi (B). Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat literasi membaca dengan persentase paling tinggi yaitu intensitas membaca di rumah yaitu 1-2 kali seminggu sebesar 48,39%; kepemilikan benda-benda yang mendukung yaitu buku bacaan milik sendiri sebesar 96,77%; pendidikan orang tua yaitu setingkat universitas sebesar 70.97%; kebiasaan membaca bersama orang tuanya yaitu orang tua kadangkadang menemani peserta didik ketika membaca sebesar 77,42%; merasa senang ketika diberikan hadiah buku sebesar 70,97%; anggapan peserta didik dalam membaca yaitu merasa bisa membaca dengan baik sebesar 80,65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Tingkat Literasi Membaca, Kemampuan, PIRLS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:25
Last Modified: 13 Dec 2017 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum