IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA

SRI LESTARI, NIM. 13480116 (2017) IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA)
13480116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA)
13480116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Sri Lestari. Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian dilatar belakangi oleh kegelisahan dunia pendidikan terhadap kasus kekerasan yang kerap terjadi di sekolah. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sepanjang Januari 2011 sampai Juli 2015 terdapat 1.880 kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan pendidikan. Sekolah ramah anak merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan di Indonesia sebagai upaya pencegahan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang melanggar hak anak, terutama ketika anak berada di sekolah. Sekolah ramah anak ini telah diterapkan di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 434 Tahun 2016 tentang Penetapan Sekolah Ramah Anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sekolah ramah anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta serta faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan ramah anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan studi kasus di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang peneliti peroleh dianalisis dengan menyeleksi dan menyusun data, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Data diperiksa keabsahannya melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Implementasi sekolah ramah anak dimulai dengan tahapan interpretasi yaitu sosialisasi kepada seluruh warga sekolah dan orang tua peserta didik. Kemudian tahap organisasi yang mengikuti organisasi sekolah. Tahap selanjutnya yaitu tahap aplikasi yang meliputi pendidikan anti kekerasan, proses pembelajaran yang menyenangkan, pendidik dan tenaga pendidik terlatih pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PRB), sarana dan prasarana sekolah serta partisipasi peserta didik dan orang tua peserta didik 2) Faktor pendukung pendidikan ramah anak di SD Negeri Ngupasan adalah ekstrakurikuler Pengurangan Resiko Bencana (PRB), kelas inspirasi dan pentas kelas dan paguyuban orang tua peserta didik. Faktor penghambat adalah kondisi sekolah yang belum inklusi dan kurangnya pelatihan dan sosialisasi tentang hak-hak anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, sekolah ramah anak.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 11:04
Last Modified: 13 Dec 2017 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum