INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MATA PELAJARAN UMUM PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I

IMALIS CAHYA SARI NIM. 05410142, (2009) INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MATA PELAJARAN UMUM PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MATA PELAJARAN UMUM PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB I.IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MATA PELAJARAN UMUM PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Islam merupakan kebutuhan manusia, sebagai makhluk pedagogis (pendidikan) manusia dilahirkan dengan membawa potensi yang dapat dididik dan mendidik. Pendidikan agama berintegrasi dan bersinkronisasi dengan pendidikan non agama. Pendidikan agama harus berjalan bersama dengan program pendidikan non agama agar mempunyai relevansi terhadap perubahan di masyarakat. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran umum pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I, integrasi pendidikan agama Islam dan mata pelajaran umum pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman PAI dan mata pelajaran umum yang telah diterima siswa kelas X MAN Yogyakarta I, mampu menjaga ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur`an dan Hadist serta otentisitas keduanya sebagai sumber utama ajaran Islam dan menjadi dasar moral dan etika dalam upaya pengembangan IPTEK dan budaya serta bidang kehidupan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penyampaian materi dan metode kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas X di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi dan teknik keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran PAI pada siswa kelas X di MAN Yogyakarta I terdiri atas tiga mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an‚Al-Hadits, Aqidah-akhlak dan Fiqh. Mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait dan melengkapi. Mata pelajaran umum merupakan aspek pendidikan yang dominan dalam peningkatan kemampuan nalar dan analisis siswa dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan nuansa Islam. 2) Integrasi Al-Qur`an Hadits dan mata pelajaran umum menegaskan bahwa kedudukan PAI sebagai sumber utama Agama Islam merupakan sumber akidah, syariah, ibadah, muamalah, dan akhlak sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Integrasi Aqidah-Akhlak mempunyai andil yang cukup besar dalam mendukung siswa dalam mengkaji dan memanifestasikan aqidah dalam bentuk pembiasaan agar berakhlak terpuji dan menghindari perbuatan yang tercela dalam kehidupan. Integrasi Fiqih dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pendidikan Agama Islam, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Aug 2012 19:54
Last Modified: 08 Aug 2012 19:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum