PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH MUALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKART A

MUHAMMAD ISKANDAR, NIM. 99424386 (2003) PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH MUALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKART A. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH MUALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH MUALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKART A)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berbicara mengenahi belajar bahasa, menulis merupakan ketrampilan bahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak Iangsung juga merupakan kegiatan yang produktif dan ekpresif. Dalam kegiatan menulis, penulis harus trampil dalam memanfaatkan grafologi, struktur bahasa dan kosakata. Ketrampilan menulis tidak datang secara langsung melainkan melalui Iatihan dan praktek secara kontinu. [nsya adalah mengungkapkan sesuatu yang tergores didalam hati, dengan tulisan, dengan susunan kalimat yang benar susunannya. Bagi siswa madrasah Aliyah untuk mengetahui ketrampilan membaca haruslah diukur sesuai dengan tingkatan belajar mereka. Juga disesuaikan dengan sistem pengajaran dan kurikulum di pesantren Penelitian ini membahasa tentang Kesalahan apa saja dan faktor yang mempengaruhi kesalahan insya di Madrasah Muallimin Muhammadivah. Bagaimana tingkat kesalahan dan dimana teijadi rawan kesalahan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah dan Bagaimana mengatasi kesalahan dalam pembelajaran Insya di Madrasah Muallimin Muahammadiyah. Penelttian ini merupakan jenis penelitian analisis yang tertuju pada masalah analisis kesalahan berbahasa, adapun metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu data yang telah dikumpulkan, kemudian disusun,dijelaskan serta dianalisis. Kesimpulan penelitian ini adalah : Faktor yang menyebabkan siswa dalam mengaJami kesulitan dalam belajar bahasa arab yang pada akhimya mereka membuat kesalahan dalam mengerjakan karangan herbahasa Arab adalah faktor kesalahan tidak menulis harokat awal,akhir maupun keseluruhan. Kesalahan pencampuran kosa-kata kedua bahasa. Kesalahan antar bahasa. Kesalahan intrabahasa yang terdiri: kesalahan penerapan kaidah yang tidak sempuma, kesalahan ketidak tahuan akan pembatasan kaidah dan kesalahan menghipotesis konsep. Faktor- Faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan adalah: Siswa tidak terbiasa memakai bahasa fusha tatkala berkomunikasi seharihari, Ketidak konsistenan mernakai bahasa Arab dalam berkomunikasi seharihari dan Tidak terbiasa dalam hal mengarang, terrnasuk mengarang bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Nazri Syakur, M. A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Insya ; Madrasah Mualimin Muhammadiyah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Oct 2018 12:27
Last Modified: 23 Oct 2018 12:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum