IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA)

SITI MASITOH, NIM. 1520421030 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA))
1520421030_BAB_I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA))
1520421030_BAB II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemerintah yang mengeluarkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. SD Muhammadiyah Sokonandi ditunjuk oleh dinas pendidikan untuk menjadi piloting project di implementasikannya kurikulum 2013. SD Muhammadiyah Sokonandi yang notabene sekolah berbasis Islam mampu berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan kongklusi dimana penulis menganalisis setiap data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sokonanadi Yogyakarta meliputi dua hal yaitu, perencanaan umum dan khusus. Adapun perencanaan umum ini meliputi kegiatan mengikuti sosialisasi dan workshop kurikulum 2013, komunikasi dengan warga sekolah, sosialisasi kepada wali murid, dan pengadaan buku ajar. Untuk perencanaan khusus yang dilakukan oleh guru yaitu penyusunan silabus, RPP, media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran dan skenario pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta menggunakan pendekatan Saintifik dengan langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Hasil evaluasi implementasi pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Sokoanandi Yogyakarta yakni dapat meningkatnya hasil belajar peserta didik yang dilihat dari aspek sikap spritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. A. Janan Asifudin, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Nov 2018 11:12
Last Modified: 21 Nov 2018 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum