APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DAN SAFETY STOCK PADA PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ANITA NURUL FIRDAUS, NIM. 14610003 (2018) APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DAN SAFETY STOCK PADA PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DAN SAFETY STOCK PADA PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14610003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DAN SAFETY STOCK PADA PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14610003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Logistik berperan penting dalam dunia industri, salah satunya adalah pendistribusian air mineral. Usaha yang dilakukan perusahaan untuk mengoptimalkan pendistribusian adalah meminimalkan biaya transportasi dengan menentukan rute terpendek kendaraan yang disebut dengan Vehicle Routing Problem (VRP) yang direpresentasikan dalam graf berarah berbobot. Setiap perusahaan distributor ataupun jasa selalu mengadakan persediaan, salah satunya adalah Safety Stock. Kegiatan pendistribusian produk memiliki beberapa kendala, diantaranya keterbatasan jumlah dan kapasitas kendaraan, perbedaan jumlah permintaan konsumen, dan tersebarnya lokasi konsumen. Salah satu variasi VRP adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), yaitu VRP dengan kendala kapasitas kendaraan. Kasus CVRP tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Tabu Search. Perhitungan sederhana Safety Stock dapat membantu menyelesaikan persediaan pengaman yang harus dipersiapkan oleh perusahaan dan mengurangi tingkat kerugian. Penelitian ini membahas penentuan rute distribusi air mineral dan perhitungan sederhana Safety Stock untuk perusahaan distributor. Algoritma Tabu Search digunakan untuk meminimalkan biaya transportasi dengan menentukan rute terpendek. Algoritma Tabu Search dimulai dengan penentuan initial solution menggunakan Nearest Neighbor, evaluasi move menggunakan metode Relocated, 2-Opt, Cross Exchange, dan Exchange, perbarui Tabu List, kemudian apabila kriteria pemberhentian terpenuhi maka proses Algoritma Tabu Search berhenti jika tidak, maka kembali pada evaluasi move. Kasus CVRP diterapkan pada perusahaan IAP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan proses perhitungan diperoleh solusi dengan jarak terpendek sebesar 138,834 km dan nilai untuk Safety Stock adalah 9 karton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pipit Pratiwi Rahayu, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: VRP, CVRP, Algoritma Tabu Search, Nearest Neighbor, Relocated, 2-Opt, Cross Exchange, dan Exchange, Safety Stock
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2018 10:09
Last Modified: 28 Dec 2018 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum