PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS B1 TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SAPEN YOGYAKARTA

SITI NURJANAH, NIM. 1620430024 (2018) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS B1 TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS B1 TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SAPEN YOGYAKARTA)
1620430024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI KELAS B1 TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATFAL SAPEN YOGYAKARTA)
1620430024_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga fokus utama yaitu Pertama alasan TK Aisyiyah Bustanul Atfal Sapen Yogyakarta melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter berbasis multiple intelligences. Kedua proses pelaksanaan pendidikan karakter berbasis multiple intelligences di kelas B1 TK Aisyiyah Bustanul Atfal Sapen Yogyakarta. Ketiga hasil dari pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter berbasis multiple intelligences. Penelitian ini penting dilakukan karena pendidikan karakter berbasis multiple intelligences dipandang relevan diterapkan pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bersifat kualitatif, mengungkap secara detail tentang pelaksanaan pendidikan karakter berbasis multiple intelligences. Subjeknya adalah kepala sekolah, wali kelas B1 dan peserta didik kelas B1 TK Aisyiyah Bustanul Atfal Sapen Yogyakarta. Untuk menjawab persoalan di atas data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi, wawancara dan dokumentasi difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter berbasis multiple intelligences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alasan TK ABA Sapen menggunakan pembelajaran pendidikan karakter berbasis multiple intelligences adalah karena setiap peserta didik mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda sehingga sekolah perlu memfasilitasi peserta didik dengan mengembangkan berbagai potensi peserta didik yang disertai dengan menanamkan nilai-nilai karakter.(2) Proses pembelajaran pendidikan karakter berbasis multiple intelligences yang dilaksanakan di TK ABA Sapen Yogyakarta adalah dengan cara pendidikan karakter diintegrasikan kedalam pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan memuat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (3) Hasil dari pembelajaran pendidikan karakter berbasis multiple intelligences adalah peserta didik mempunyai sikap cinta terhadap tuhan YME, toleransi, disiplin,jujur, percaya diri, mandiri, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, sopan santun, kerjasama, peduli lingkungan, dan cinta tanah air. Selain itu peserta didik mampu bercerita, menyusun puzzle, menyebutkan urutan bilangan, membentuk konstruksi bangunan, bernyanyi, membuat istrumen musik, dan memainkan alat musik serta mengenal tumbuh- tumbuhan dan hewan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, multiple intellegences.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2019 14:30
Last Modified: 07 Jan 2019 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum