IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII B MTs ASSALAFIYYAH MLANGI

SITI NURUL ANJUMIL MUNIROH, NIM. 14416001 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII B MTs ASSALAFIYYAH MLANGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII B MTs ASSALAFIYYAH MLANGI)
14416001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII B MTs ASSALAFIYYAH MLANGI)
14416001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap permasalahan yang dihadapi siswa di madrasah yang berbasis pondok pesantren. Selama ini, pendidikan di pesantren mengalami hambatan karena banyak faktor salah satunya adalah masalah motivasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil latar di kelas VII B MTs Assalafiyyah Mlangi pada mata pelajaran fikih. Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B MTs Assalafiyyah Mlangi dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua sklus dengan satu siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini mengacu pada penelitian tindakan kelas Model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Assalafiyyah Mlangi. Penentuan subjek tersebut dilakukan setelah melakukan observasi dalam pembelajaran mata pelajaran fikih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Angket ini digunakan untuk menilai motivasi siswa untuk kemudian siswa digolongkan dalam tiga kategori yaitu kategori kurang motivasi, cukup motivasi dan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada pra tindakan rata-rata skor perolehan siswa adalah 76,0625 dengan hanya 12 siswa berkategori motivasi baik, (2) Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart, (3) pada siklus I rata-rata skor perolehan siswa adalah 76,8125 dengan 15 siswa berkategori motivasi baik dan pada siklus II rata-rata skor perolehan siswa adalah 80,02 dengan 22 siswa berkategori motivasi baik.Hal ini menunjukkan bahwa siklus II telah melampaui indikator keberhasilan yakni rata-rata skor hitung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus berikutnya dengan rata-rata skor hitung tergolong pada kategori baik yaitu 76%-100% serta terjadi penurunan jumlah siswa dengan kategori motivasi kurang dan cukup dengan target minimal 80% siswa berada pada kategori motivasi baik, dengan demikian, penelitian ini dikatakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII B MTs Assalafiyyah Mlangi pada Mata Pelajaran Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Motivasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Jan 2019 09:07
Last Modified: 14 Jan 2019 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum