POSISION ACTOR DALAM PILKADA LEGISLATIF DI DAPIL II PERSPEKSTIF SIYASAH

ADHIMAS NUR KUSUMO, NIM. 11370031 (2018) POSISION ACTOR DALAM PILKADA LEGISLATIF DI DAPIL II PERSPEKSTIF SIYASAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POSISION ACTOR DALAM PILKADA LEGISLATIF DI DAPIL II PERSPEKSTIF SIYASAH)
11370031_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (POSISION ACTOR DALAM PILKADA LEGISLATIF DI DAPIL II PERSPEKSTIF SIYASAH)
11370031_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada pemilu legislatif 2014 Kabupaten GunungKidul, terdapat 447 Caleg yang terdaftar secara sah di KPU GunungKidul, yang tersebar di V daerah pilihan. Daerah pilihan tersebut adalah Daerah Pilihan II meliputi Kecamatan Semanu, KecamatanWonosari, dan Kecamatan Playen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang efektifitas strategi pemenangan anggota legislatif Dapil II Kabupaten Gunungkidul pada pileg 2014 dalam mendudukikursi DPRD Kabupaten Gunungkidul dan untuk menjelaskan pandangan marketing politik Islam dalam strategi pemenangan anggota legislatif Dapil II Kabupaten Gunungkidul pada pileg 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan. Data diperoleh dari penelitian lapangan yang berupa data primer dari sumber responden di Nglipar, sedangkan data sekundernya diperoleh dari berbagai macam buku, koran, majalah, website dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data primer menggunakan teknik wawancara secara langsung terhadap responden yang telah diambil dari tim sukses masing-masing calon anggota legislatif. Teknik observasi dilakukan setelah data terkumpul dari hasil wawancara dan selanjutkan akan dilakukan analisis data dengan metode kualitatif. Hasil pemilu legislatif Kabupaten Gunung Kidul menunjukkan bahwa Sukardi memperoleh suara terbanyak, strategi politik yang digunakan meliputi promosi manual melalui system posko pemenangan, dan door to door. Strategi marketing politik yang digunakan pun masih tetap memperkuat dari factor 4 Ps yaitu: product, promotion, price, place, dan segmentation yang telah menjadi formula umum dalam strategi marketing politik dan masih diangga pefektif. Komunikasi yang dijalin oleh Sukardi sebagai caleg terpilih dalam Pemilihan Legislatif Dapil II di Kabupaten Gunungkidul adalah membangun citra (image), membangun simpati, dan membangun dukungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SUBAIDI S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemenangan, Marketing Politik
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jan 2019 08:55
Last Modified: 15 Jan 2019 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum