RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TINGGI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI TAHUN AJARAN 2008/2009 SMA NEGERI I PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Arif Budiawan NIM 04410655, (2009) RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TINGGI RENDAHNYA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI TAHUN AJARAN 2008/2009 SMA NEGERI I PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

b ABSTRACT Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa seharusnya peserta didik yang memiliki prestasi belajar PAI tinggi ia memiliki tingkat religiusitas yang berbeda atau lebih tinggi bila dibanding dengan peserta didik yang memiliki prestasi belajar PAI rendah. Namun kenyataannya ada peserta didik yang memiliki prestasi belajar PAI tinggi, tapi menunjukkan sikap keberagamaan yang kurang. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang perbedaan tingkat religiusitas ditinjau dari tinggi rendahnya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah religiusitas peserta didik yang memiliki tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tinggi, bagaimanakah religiusitas peserta didik yang memiliki tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam rendah, dan manakah yang lebih tinggi tingkat religiusitasnya antara peserta didik dengan prestasi belajar PAI tinggi dan peserta didik dengan prestasi belajar PAI rendah kelas XI tahun ajaran 2008/2009 SMA Negeri I Pleret Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan tingkat religiusitas antara peserta didik dengan prestasi belajar tinggi dan peserta didik dengan prestasi belajar PAI rendah. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri I Pleret Bantul tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 154 anak sehingga penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan sampel total. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 27 butir angket terdapat 25 butir terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,888 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat religiusitas peserta didik dengan prestasi belajar PAI tinggi kelas XI SMAN I Pleret Bantul berada pada kategori tinggi. 2) Tingkat religiusitas peserta didik dengan prestasi belajar PAI rendah kelas XI SMAN I Pleret Bantul juga berada pada kategori tinggi. 3) Tidak ada perbedaan tingkat religiusitas antara peserta didik dengan prestasi belajar PAI tinggi dan peserta didik dengan prestasi belajar PAI rendah. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar PAI kelas XI tahun ajaran 2008/2009 SMA Negeri I Pleret Bantul tidak berpengaruh terhadap religiusitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Peserta Didik,Prestasi, Belajar, Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum