PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA DI KELOMPOK BERMAIN QORYATII AKMAL CANDRAN SIDOARUM GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

SITI KHADIJAH NIM : 05410071, (2009) PENANAMAN AKHLAK PADA SISWA DI KELOMPOK BERMAIN QORYATII AKMAL CANDRAN SIDOARUM GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penanaman akhlak pada siswa dan hasil belajar siswa dalam penanaman akhlak di Kelompok Bermain Qoryatii Akmal Candran Sidoarum Godean Sleman. Penelitian ini menarik dikaji, karena selama ini penanaman akhlak di Kelompok Bermain yang lain kurang memperhatikan tahapan perkembangan anak. Sedangkan di Kelompok Bermain Qoryatii Akmal ini, dalam proses pembelajarannya disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak usia 2 (dua) sampai 4 (empat) tahun. Selain itu, biasanya di Kelompok Bermain yang lain terdapat pembedaan materi yang disesuaikan dengan umur, sedangkan di Kelompok Bermain Qoryatii Akmal ini, dalam hal materi pembelajaran tidak ada pembedaan. Adapun rumusan masalahnya ada dua, yaitu: bagaimana proses penanaman akhlak di Kelompok Bermain Qoryatii Akmal dan bagaimana hasil belajar siswa dalam penanaman akhlak di Kelompok Bermain Qoryatii Akmal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan oleh ustadzah Kelompok Bermain Qoryatii Akmal pada khususnya dan untuk Ustadzah Kelompok Bermain pada umumnya untuk menyempurnakan penanaman akhlak dengan menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan psikologi pendidikan, dengan mengambil latar Kelompok Bermain Qoryatii Akmal Candran Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis induktif, yaitu menganalisis data yang khusus kemudian ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode yang digunakan dalam penanaman akhlak pada siswa adalah sebagai berikut: (a) Metode cerita atau kisah. (b) Metode hiwar atau tanya jawab. (c) Metode pembiasaan. (d) Metode keteladanan. (2) Hasil belajar dengan menggunakan metode-metode tersebut menunjukkan bahwa siswa Kelompok Bermain Qoryatii Akmal telah berhasil dengan baik. Adapun aspek yang dinilai di antaranya adalah keaktifan siswa selama berada di kelas, penugasan, unjuk kerja dan hasil karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Akhlak, Siswa, Kelompok Bermain
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum