IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK

ROIHANATUL AINAK NIM. 05420053, (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN)
BAB I.V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN NGAGLIK SLEMAN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan signifikansi pembelajaran aktif dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan Memberikan Konstribusi pemikiran bagi penelitian serupa yang membahas tentang pembelajaran aktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandan dusun Candi Sardonoharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik analisa data dengan menuturkan, menafsirkan serta mengklarifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Penerapan Pembelajaran aktif dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman sudah sangat baik, hal ini tercermin dari; 1) Aktifitas Guru: Dalam penerapan pembelajaran di MI Sunan Pandanaran guru menggunakan berbagai cara, metode dan teknik untuk mengembangkan, memaksimalkan dan mengaktifkan peserta didik, baik aktif secara fisik maupun aktif mental. Guru juga menggunakan alat bantu, media dan bermacam cara dalam membangkitkan semangat, minat dan motivasi peserta didik termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan sesuai dengan kondisi peserta didik. 2) Aktifitas Peserta didik: Dalam pembelajaran aktif di MI Sunan Pandanaran setiap individupeserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan peserta didik ini tidak hanya terbatas pada keaktifan fisik seperti sibuk bekerja dan bergerak. Tetapi juga keaktifan mental seperti sering bertanya, mempertanyakan gagasan orang lain dan mengungkapkan gagasan. 3) Lingkungan: Lingkungan pembelajaran di MI Sunan Pandanaran didesain senyaman mungkin agar dapat memacu motivasi dan keinginan peserta didik untuk berprestasi. Lingkungan pembelajaran dihiasi pajangan dari hasil karya peserta didik dan alat peraga sederhana buatan guru dan peserta didik. Implikasi Penerapan pembelajaran aktif di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran dengan sendirinya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan mendorong keterlibatan peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran. hal ini menjadikan terciptanya makna dalam pembelajaran, pemahaman dan penguasaan materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Bahasa Arab, Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Aug 2012 19:33
Last Modified: 03 Apr 2017 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum