EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL

IMA LESTARI, NIM. 13600011 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL)
13600011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL)
13600011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan pertama penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan logis matematis. Kedua, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan interpersonal. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only with nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model Deeper Learniing Cycle (DELC), dan variabel terikat yaitu kecerdasan logis matematis dan kecerdasan interpersonal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Sewon, dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 6. Kelas XI MIPA 2 dijadikan kelas eksperimen dengan perlakuan berupa pembelajaran dengan model Deeper Learning Cycle (DELC). Kelas XI MIPA 6 dijadikan kelas kontrol dengan perlakuan berupa pembelajaran dengan model konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah posttest kecerdasan logis matematis, posttest skala sikap kecerdasan interpersonal dan RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajektory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yaitu uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan logis matematis. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) memiliki efektivitas yang sama dengan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan interpersonal. Dugaan kesamaan efektivitas antara model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) dan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan interpersonal adalah karena pembagian kelompok diskusi yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Deeper Learning Cycle (DELC), Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 13:07
Last Modified: 07 Feb 2019 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum