EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

SITI NURAJIZAH, NIM. 14600010 (2018) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI)
14600010_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI)
14600010_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran model discovery learning serta variable terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2017/1018. Sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3. Kelas X MIPA 3 dijadikan kelas eksperimen yang diberikan treatment dengan menggunakan model discovery learning, sedangkan kelas X MIPA 2 dijadikan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan skala sikap kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney dan uji t dua sampel independen dengan bantuan software SPSS 23. Uji Mann Whitney digunakan untuk mengetahui kefektifan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Uji t dua sampel independen digunakan untuk mengetahui kefektifan model discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa model discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 14:03
Last Modified: 07 Feb 2019 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum