IMPLEMENTASI BIRRUL WĀLIDAIN SISWA BOARDING SCHOOL DI MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MUHAMMAD GALANG ANDI SITOPAN, NIM. 11410222 (2018) IMPLEMENTASI BIRRUL WĀLIDAIN SISWA BOARDING SCHOOL DI MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIRRUL WĀLIDAIN SISWA BOARDING SCHOOL DI MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
11410222_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIRRUL WĀLIDAIN SISWA BOARDING SCHOOL DI MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
11410222_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini bahwasannya berbakti kepada orang tua merupakan perintah yang diwajibkan dalam agama Islam. Dalam berbakti kepada kedua orang tua tidak memandang usia baik anak-anak maupun dewasa, tidak pula memandang jarak baik itu dekat maupun jauh. Namun akhir-akhir ini banyak anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya. Hal ini salah satunya disebabkan karena kurangnya pendidikan birrul walidain bagi mereka. Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta merupakan sekolah yang memadukan antara pendidikan formal dan nonformal, yakni dengan tinggal di asrama. Oleh karena itu sangat penting dilakukan penelitian bagaimana aplikasi dan juga implementasi birrul walidain siswa yang tinggal di asrama yang notabennya tidak tinggal dengan orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitia lapangan (field research) yang dilakukan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis, pendekatan ini membahas tentang gejala-gejala sosial, intuisi sosial dan pengaruhnya terhadap masyarakat. Subyek pada penelitian ini adalah direktur, pamong asrama, alumni dan juga siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, sedangkan obyek penelitian ii adalah aktivitas siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dalam mengimplementasikan birrul walidain selama di asrama. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan juga wawancara, setelah data terkumpul dilakukan analisis data yang melalui beberapa tahapan yakni reduksi data, penyejian data dan juga pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan mendapatkan dua kesimpulan pertama, bagi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menjadikan musyrif menjadi pengganti orang tua diasrama. Memberikan materi pembelajaran tentang birrul walidain baik di madrasah maupun ketika di asrama. Senantiasa mengingatkan santri bahwa tujuan sekolah di Madrasah Mu’allimin ialah menjalankan dan membanggakan kedua orang tua. Kedua, bagi seorang anak yang tinggal di asrama dan jauh dari rumah harus tetap mengimplementasikan birrul walidain dengan cara mendoakan orang tua, melaksanakan kehendak, keinginan dan saran dari orang tua, menjaga nama baik orang tua, meringankan beban orang tua dan membanggakan kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, S.S, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan, Birrul Walidain
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 08:50
Last Modified: 13 Feb 2019 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum