Fawaid al fi'l al thulathiy al mazid fi surah al kahfi wa tariqah ta'limihi (dirasah tahliliyyah sarfiyyah)

Laela Nur Afuwah, NIM. 14420061 (2018) Fawaid al fi'l al thulathiy al mazid fi surah al kahfi wa tariqah ta'limihi (dirasah tahliliyyah sarfiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Fawaid al fi'l al thulathiy al mazid fi surah al kahfi wa tariqah ta'limihi (dirasah tahliliyyah sarfiyyah))
14420061_BAB I_BAB V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Fawaid al fi'l al thulathiy al mazid fi surah al kahfi wa tariqah ta'limihi (dirasah tahliliyyah sarfiyyah))
14420061_BAB II_S.D_Sebelum_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faidah fi‟il tsulatsi mazid yang terdapat pada surat al-Kahfi, fi‟il tsulatsi mazid yang terdiri dari 3 bab dan dua belas wazan fi‟il masing-masing mempunyai faidah yang berbeda-beda, sehingga jika ingin mengetahui makna yang terkandung dalam suatu kalimat kita harus mengetahui lebih dahulu konteks kalimat dan kedudukan kalimat fi‟il tersebut. Sedangkan untuk hasil yang akurat penelitian ini mengambil contoh-contoh dari al-Qur‟an surat al-Kahfi. Disamping itu penelitian ini juga membahas tentang metode pembelajaran yang sesuai dalam mengajarkan faidah-faidah fi‟il tsulatsi mazdi dalam surat al-Kahfi. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan) dengan kitab-kitab klasik dan kontemporer diantaranya: kitab “al-bidayah fi „ilmi sharfiy” karya Slamet Darin dan kitab “ash-sharfiy at-tathbiqiy” karya „Abduh Ar-Rajihiy serta kitab-kitab dan buku-buku yang relevan dengan skripsi ini. Objek kajian dalam penelitian ini adalah surat al-Kahfi. Metode analisis yang digunakan adalah reduksi data. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 67 fi‟il tsulatsi mazid dalam surat al-Kahfi, yang terdiri dari 48 fi‟il dari bab fi‟il tsulatsi mazid dengan satu huruf tambahan, 13 fi‟il dari bab fi‟il tsulatsi mazid dengan dua huruf tambahan dan 6 fi‟il dari bab fi‟il tsulatsi mazid dengan tiga huruf tambahan dan memiliki faidah diantaranya adalah at-ta’diyah, as-shairurah, wujdanusyai’ fi shifat, ittikhadzul fi’li minal ismi, al-musyarakah, ma’na “fa’ala”, muthowa’atu “fa’ala”, al-ittikhadz, at-thalab dan at-takalluf. Metode yang sesuai digunakan untuk mengajarkan faidah-faidah fi‟il tsulatsi mazid adalah metode mu‟adalah karena metode ini sesuai dengan perkembangan kaidah bahasa arab yang berkembang akhir-akhir ini, metode ini sesuai dengan sifat kaidah bahasa arab yaitu berupa kaidah-kaidah yang bersifat umum kemudian masing-masing dari kaidah tersebut dibuatlah contoh yang menyerupai, menyesuaikan kondisi otak dalam memahami hal-hal yang bersifat umum, karena otak tidak dapat memahami hal-hal yang umum kecuali setelah melihat beberapa bagian menyerupai. Kata Kunci: Fi‟il Tsulatsi Mazid, Metode Pembelajaran Kaidah Sharaf, Surat Al-Kahfi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Fi'il Tsulatsi Mazid, Metode Pembelajaran Kaidah Sharaf, Surat Al-Kahfi.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:16
Last Modified: 20 Mar 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33553

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum