PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA N 1 KASIHAN BANTUL

Wahyu Susilo Wati, NIM. 14680044 (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA N 1 KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA N 1 KASIHAN BANTUL)
14680044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA N 1 KASIHAN BANTUL)
14680044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis scientific approach pada Materi Pokok Sistem Pencernaan serta mengetahui kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari reviewer, peer reviewer, guru biologi, dan respon siswa. Desain pengembangan produk menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). E-modul ini dinilai kualitasnya oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 3 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi, dan 15 orang siswa kelas XII SMA N 1 Kasihan Bantul. Instrumen pengambilan data menggunakan angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kualitas Sangat Baik, dengan persentase sebesar 92,34% hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru biologi. Sementara itu, respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan sangat baik dengan persentase sebesar 89,25%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, e-modul berbasis scientific approach yang dikembangkan dengan model ADDIE, layak digunakan sebagai bahan ajar xixlternative bagi siswa kelas XI SMA/ MA, khususnya pada materi pokok sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: e-modul, scientific approach, sistem pencernaan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:52
Last Modified: 11 Mar 2019 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum