PENDEKATAN KOMPREHENSIF BIMBINGAN DAN KONSELING SPIRITUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER REMAJA DI PANTI ASUHAN AL-DZIKRO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

ACH FARID, NIM. 1620310007 (2018) PENDEKATAN KOMPREHENSIF BIMBINGAN DAN KONSELING SPIRITUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER REMAJA DI PANTI ASUHAN AL-DZIKRO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KOMPREHENSIF BIMBINGAN DAN KONSELING SPIRITUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER REMAJA DI PANTI ASUHAN AL-DZIKRO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
1620310007_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (57MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN KOMPREHENSIF BIMBINGAN DAN KONSELING SPIRITUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER REMAJA DI PANTI ASUHAN AL-DZIKRO IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
1620310007_BAB II_sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Masa Remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman yang baru sebelumnya belum terbayngkan dan dialami. Banyak sekali permasalahan remaja yang akhir-akhir ini membuat resah bagi kita sebagai seorang pendidik. Seperti tidak menghormati yang lebih tua, melanggar peraturan, tidak disiplin, berpacaran, membawa alat komunikasi, serta merokok dengan sembunyisembunyi. Maka perlu diadakannya bimbingan dan konseling spiritual yang bertujuan untuk membantu memberikan bimbingan mengenai pengalaman dan juga penguatan karakter remaja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kenapa perlu diadakannya pendekatan komprehensif bimbingan dan konseling spiritual remaja, bagaimana pelaksanaan pendekatan komprehensif bimbingan dan konseling spiritual remaja, dan mengetahui implikasi dari pendekatan komprehensif bimbingan dan konseling spiritual di Panti Asuhan Al-Dzikro. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan melibatkan pengurus, pengasuh, santriwansantriwati Panti Asuhan khususnya remaja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan prosedur yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan bimbingan dan konseling spiritual remaja bertujuan untuk menanamkan spiritual anak terhadap pengembangan diri terutama pada karakter remaja agar tidak mudah terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Adapun kegiatan bimbingan yang dilakukan di Panti Asuhan adalah pengajian kitab dan ceramah, motivasi, mujahadah, 2. Pelaksanaan bimbingan dan konseling spiritual menggunakan pendekatan komprehensif, dengan pendekatan secara langsung (face to face), pendekatan kelompok dengan beberapa kegiatan yang dilakukan pada bimbingan dan konseling spiritual yaitu kegiatan pengajian kitab/ ceramah, kegiatan motivasi, kegiatan mujahadah, dari kegiatan-kegiatan tersebut remaja ditanamnkan nilai-nilai etika, kemandirian, pengendalian diri atau kontrol diri, 3. Implikasi bimbingan dan konseling spiritual remaja berpengaruh positif terhadap pengembangan karakter remaja, yang mana di usia remaja merupakan masa pancaroba, penuh dengan kegelisahan dan kebingungan, sehingga mudah terpengaruhi oleh perilaku-perilaku negatif. Maka dengan hal itu perlu dilakukan treatment penguatan spiritual remaja agar membantu pengendalian diri dan perkembangan diri remaja kepada perilaku positif agar remaja individu yang muttaqin mukhlasin, mukhsinin, dan mutawakkilin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Komprehensif, Bimbingan dan Konseling Spiritual, Karakter Remaja.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Mar 2019 09:59
Last Modified: 13 Mar 2019 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum