KONSEP KELUARGA SAKĪNAH MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH DENGAN KELUARGA MAṢLAḤAH LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DALAM BINGKAI HUKUM PERKAWINAN

DESIANA LUTFIANI, NIM. 14360031 (2018) KONSEP KELUARGA SAKĪNAH MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH DENGAN KELUARGA MAṢLAḤAH LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DALAM BINGKAI HUKUM PERKAWINAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KELUARGA SAKĪNAH MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH DENGAN KELUARGA MAṢLAḤAH LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DALAM BINGKAI HUKUM PERKAWINAN)
14360031_BAB-I_IV-_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KELUARGA SAKĪNAH MAJELIS TARJIH MUHAMMADIYAH DENGAN KELUARGA MAṢLAḤAH LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA DALAM BINGKAI HUKUM PERKAWINAN)
14360031_BAB-II_sampai_-BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keluarga merupakan suatu struktur terkecil dalam suatu masyarakat. Selama ini, konsep keluarga yang diidam-idamkan oleh setiap keluarga muslim yaitu sebuah konsep keluarga yang sering kita sebut dengan konsep keluarga Sakīnah yang dipopulerkan oleh Majelis Tarjih dan Tahdid Muhammadiyah, yang kemudian dinaungi Divisi Keluarga dan Masyarakat Majelis Tarjih. Dibalik populernya konsep keluarga Sakīnah, sebenarnya salah satu organisasi Islam yaitu Nahdlatul Ulama (NU) juga menawarkan juga sebuah konsep keluarga idaman bagi seorang muslim, yaitu konsep keluarga maṣlaḥah. Dalam karya tulis ini juga penyusun mendeskripsikan sejauh mana pengembangan yang telah dilakukan oleh pengurus LKK NU DIY terhadap konsep keluarga maṣlaḥah yang sudah dirumuskan oleh LKK NU Pusat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-komparatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan cara mendeskripsikan masalah melalui pengumpulan, penyusunan dan membandingkan data. Penyusun dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan di Kantor Pengurus. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitattif. Analisa yang digunakanmenggunakan teknik induksi-komparasi, teknik induksi yang digunakan untuk mendapatkan jawaban yang lebih konperhensif terkait dengan pengertian serta unsur-unsur dari keluarga Sakīnah dan keluarga Maṣlaḥah, yang kemudian dilanjutkan dengan komparasi guna mendapatkan persamaan dan perbedaan konsep keluarga Sakīnah dan keluarga Maṣlaḥah. Kesimpulan dari penelitian yang penyusun lakukan terhadap konsep keluarga Sakīnah dan keluarga Maṣlaḥah yaitu keluarga Sakīnah adalah keluarga yang bahagia lahir dan batin, serta bangunan keluarga berdasarkan perkawinan yang sah dan tercatat dalam kantor urusan agama, yang memiliki cirr-ciri harmonis, tentram serta saling mengerti antara hak dan kewajiban setiap anggota keluarga. Sedangkan keluarga Maṣlaḥah adalah keluarga yang bahagia dan kebutuhan pokoknya terpenuhi serta dapat berperan penting ditengah masyarakat, yang memiliki ciri-ciri bahagia, sejahtera serta dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dari kedua konsep tersebut, terdapat persamaan dan perbedaan : persamaan keduanya sama-sama menekankan bahwa untuk mencapai keluarga yang harmonis, nyaman perluh dilakukan dengan persiapan sebelum menikah serta setelah menikah agar tercipta kesetaraan dalam keluarga. Sedangkan perbedaannya keluarga Sakīnah lebih banyak unsur ke dalam keluarga dan unsur yang menuju ke Ilahiyah, sedangkan keluarga Maṣlaḥah karena dalam konsep Maṣlaḥah lebih banyak unsur kemaslahatan bagi luar keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Fuad, M.A.
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sakīnah, Keluarga Maṣlaḥah, Hukum Perkawinan.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Mar 2019 16:21
Last Modified: 29 Mar 2019 16:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum