KEPERCAYAAN SUKU DAYAK TAKHMAD DI DESA KRIMUN KECAMATAN LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI SISTEM KEPERCAYAAN DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MODERN)

LAELATUL FAJRIYAH, NIM. 14520049 (2018) KEPERCAYAAN SUKU DAYAK TAKHMAD DI DESA KRIMUN KECAMATAN LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI SISTEM KEPERCAYAAN DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MODERN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEPERCAYAAN SUKU DAYAK TAKHMAD DI DESA KRIMUN KECAMATAN LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI SISTEM KEPERCAYAAN DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MODERN))
14520049_BAB I, V_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEPERCAYAAN SUKU DAYAK TAKHMAD DI DESA KRIMUN KECAMATAN LOSARANG KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI SISTEM KEPERCAYAAN DAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MODERN))
14520049_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kepercayaan Suku Dayak identik dengan masyarkat pedalaman Kalimantan. Namun di Indonesia, khususnya di Indramayu Jawa Barat terdapat kepercayaan Suku Dayak Indramayu yang mampu berbaur dengan lingkungan baik secara sosial, budaya dan ekonomi. Ajaran Suku Takhmad Indramayu meliputi: ngaji rasa, kungkum (berendam), pepe (berjemur), dan sangat menjunjung nilai tinggi derajat seorang perempuan. Ajran-ajran tersebut merupakan ajaran warisan dari nenek moyang terdahulu yang masih di tradisikan oleh Suku Dayak Indramayu. Penelitian ini penting dilakukan karena dalam era modern saat ini, masih ada kepercayaan-kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Indramayu yang melenceng dari mayoritas orang Indramayu, mereka mempunyai aliran kepercayan sendiri dalam beragama dan aliran kepercayaan yang di anut suku Dayak Takhmad tidak diakui oleh agama yang berada di Indonesia. Penelitian ini membahas tentang sistem kepercayaan suku Dayak Takhmad di Desa Krimun Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu (Studi sistem kepercayaan dan strategi me mpertahankan eksistensinya di Era Modern), metode penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi agama yang bersifat deskriptif-kualitatif. Dalam menganalisi data, penelitian ini menggunakan teori dimensi agama dari, Ninian Smart serta mempertahankan keagamaan dari Peter L Berger. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data deskritif-analitis dengan tahap reduksi data, penyajian serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa eksistensi masarakat Suku Takhmad dalam beragama yaitu meliputi, ritual (kungkum, pepe), penglaman keagaman (melepas dari kehidupan dunia), kisah-kisah mistis (roh-roh leluhur), hukum keagamaan (kesadaran), konsep-konsep keberagamaan (ritual, jemaat, upacara), keorganisasian dalam beragama (ketua dan jajaranya), simbol yang digunakan (kosong satu). Dalam mempertahankan kepercayaan Suku Takhmad berusaha mempertahankan diri dari perubahan (modernisasi), memhami bentuk perlawanan dengan cara tidak merugikan atau menyakiti orang lain dan mengembalikan segala sesuatunya kepeda kebenaran nurani. Kata kunci: sistem Kepercayaan, Suku Takhmad, Indramayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: sistem Kepercayaan, Suku Takhmad, Indramayu.
Subjects: Aliran Kepercayaan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:04
Last Modified: 18 Apr 2019 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum