Kencan Islami: Studi Antusiasme Mahasiswa Mengikuti Kajian dan Praktik Ta’aruf di Rumah Ta’aruf Majelis Calon Ayah Amanah Yogyakarta

Rusdi, NIM. 1620010070 (2019) Kencan Islami: Studi Antusiasme Mahasiswa Mengikuti Kajian dan Praktik Ta’aruf di Rumah Ta’aruf Majelis Calon Ayah Amanah Yogyakarta. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Kencan Islami: Studi Antusiasme Mahasiswa Mengikuti Kajian dan Praktik Ta’aruf di Rumah Ta’aruf Majelis Calon Ayah Amanah Yogyakarta)
1620010070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA...pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (Kencan Islami: Studi Antusiasme Mahasiswa Mengikuti Kajian dan Praktik Ta’aruf di Rumah Ta’aruf Majelis Calon Ayah Amanah Yogyakarta)
1620010070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tesis ini menjelaskan tentang kajian dan praktik ta’aruf di Rumah Ta’aruf MCAA (Majelis Calon Ayah Amanah). Rumah Ta’aruf MCAA merupakan sebuah lembaga kajian yang secara khusus mengkaji masalah-masalah yang berkaitan dengan bagaimana membangun keluarga menurut Islam, salah satunya ta’aruf. Ta’aruf merupakan proses perkenalan dalam Islam yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan sebelum mereka melakukan proses lamaran dan menikah. Kajian ta’aruf merupakan kajian yang selalu diikuti dengan antusiasme yang tinggi oleh kalangan mahasiswa Muslim. Mereka menilai upaya mengenal calon pasangan melalui ta’aruf lebih terhormat dan lebih Islami daripada perkenalan yang dilakukan lewat pacaran. Rumusan masalah yang diangkat dalam tesis ini adalah mengapa mahasiswa antusias mengikuti kajian dan praktik ta’aruf dan apa problem yang melatarbelakangi tingginya antusiasme mereka?, sejauhmana keberadaan Rumah Ta’aruf Majelis Calon Ayah Amanah mengubah persepsi mahasiswa Muslim dalam mencari dan menemukan calon pasangan sehingga mereka memilih ta’aruf daripada pacaran? Tesis ini bertujuan mengetahui problematika mahasiswa Muslim terkait perjodohan di tengah merebaknya budaya pacaran dan masifnya kajian ta’aruf. Tesis ini bertumpu pada teori psikologi sosial mengenai tindakan beralasan, khususnya tentang sikap dan norma subjektif. Selanjutnya tesis ini menunjukkan bahwa antusiasme mahasiswa mengikuti kajian dan praktik ta’aruf di Rumah Ta’aruf Majelis Calon Ayah Amanah dipengaruhi oleh sikap penerimaan mereka terhadap ta’aruf. Sikap penerimaan tersebut muncul oleh adanya faktor-faktor antara lain media sosial, kepanikan moral, pergeseran otoritas keluarga, publikasi yang masif dan menarik, aspek ketokohan seseorang, kuasa stigma dan impian menggapai rumah tangga Islami dan menjadi Muslim kaffah. Faktor tersebut menjadi norma subjektif yang membentuk lahirnya sikap penerimaan mahasiswa terhadap ta’aruf sehingga mereka antusias mengikuti kajian tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sunarwoto, M.A,
Uncontrolled Keywords: Ta’aruf, Antusiasme, Mahasiswa Muslim, MCAA
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Apr 2019 11:29
Last Modified: 04 Apr 2019 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum