PERAN MASJID ABDURROHIM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL PERSONEL TNI AU DI KOMPLEK LANUD ADISUTJIPTO YOGYAKARTA (1970-2016)

MOHAMMAD SHOLEH, NIM. 1620510056 (2019) PERAN MASJID ABDURROHIM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL PERSONEL TNI AU DI KOMPLEK LANUD ADISUTJIPTO YOGYAKARTA (1970-2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MASJID ABDURROHIM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL PERSONEL TNI AU DI KOMPLEK LANUD ADISUTJIPTO YOGYAKARTA (1970-2016))
1620510056_BAB-1_IV-atau-V_Daftar-Pustaka.pdf - Updated Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN MASJID ABDURROHIM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL PERSONEL TNI AU DI KOMPLEK LANUD ADISUTJIPTO YOGYAKARTA (1970-2016))
1620510056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masjid Abdurrohim merupakan salah satu masjid yang ada dilingkungan TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta, masjid ini dibangun untuk meningkatkan spiritual keagamaan masyarakat Komplek TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Sejak awal berdirinya masjid ini mengalami banyak perkembangan baik dari arsitektur masjid, aktifitas masjid dan fungsinya sebagai bangunan keagamaan yang berada di dalam Komplek TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Disini peneliti membahas sejauh mana peran Masjid Abdurrohim dalam meningkatkan kualitas spiritual personel TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta, ada beberapa hal yang kami rumuskan dalam rumusan masalah, yang pertama, Bagaimana sosial masyarakat komplek TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta ?, kedua, Seperti apa aktifitas Masjid Abdurrohim dalam meningkatkan spiritual Personel TNI AU Lanud Adisutjipto ?. dan ketiga, Bagaimana Peran Masjid Abdurrohim dalam ushanya meningkatkan kualitas spiritual personel TNI AU Lanud Adisutjipto?. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi. Pendekatan sosiologi digunakan dalam mengkaji peran Masjid Abdurrohim, hal ini karna kajian ini termasuk kajian sosial, dalam garis besarnya kajian ini ingin mengungkapkan bagaimana kebudayaan Islam dalam lingkungan TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori peranan sosial sebagai salah satu konsep sosiologi paling sentral yang didefinisikan dalam pengertian pola-pola atau norma-norma perilaku yang diharapkan dari orang yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial, dalam hal ini adalah masjid dan pengurus Masjid Abdurrohim TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah heuristik, pengumpulan sumber melalui kajian pustaka dan wawancara. Kemudian dilakukan verifikasi, interpretasi, dan penulisan. Hasil penelitian ini, Pertama, Masjid Abdurrohim sebagai sumber aktifitas kegiatan keagamaan Personel TNI AU Lanud Adisutjipto. semua aktifitas kegamaan tidak lain dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman seluruh personel TNI AU Lanud Adisujipto dalam pemahamannya terhadap agama, dengan mengadakan kajian-kajian, baik dalam kajian mingguan bulanan bahkan tahunan, Kajian ini tidak hanya dilaksanakan oleh personel TNI AU Lanud Adisutjipto, namun juga diikuti muslimat komplek Lanud Adisutjipto, dan para purnawirawan TNI AU Lanud Adisutjipto, selain itu Pengurus Masjid Abdurrohim Lanud Adisutjipto juga melaksanan pendidikan dari anak-anak sampai remaja. ke Kedua, pengurus Masjid Abdurrohim berperan penting dalam tradisi juang satuan TNI AU Lanud Adisutjito, ataupun dalam masyarakat Komplek Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Dalam satuan Personel TNI AU Lanud Adisutjipto melaksana upacara hari bakti Lanud Adisutjo dengan beberapa agenda-agenda. Bagi masyarakat Komplek Lanud Adisutjipto pengurus Masjid Abdurrohim sangat berperan penting dalam setiap acara keagamaan yang ada di masyarakat komplek TNI AU Lanud Adisutjipto, baik pernikahan, Pemakaman, tahlilan dana acara-acara ke agamaan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. M. Abdul Karim, M. A., M. A
Uncontrolled Keywords: Peran Masjid, Masjid Abdurrohim, Lanud Adisutjipto Yogyakarta
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 May 2019 10:09
Last Modified: 07 May 2019 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum