IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBIASAAN MEMIMPIN DOA DAN HAFALAN SURAT PENDEK DI KELAS II A MIN 1 YOGYAKARTA

Umi Sholikhatun, NIM. 14480064 (2019) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBIASAAN MEMIMPIN DOA DAN HAFALAN SURAT PENDEK DI KELAS II A MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBIASAAN MEMIMPIN DOA DAN HAFALAN SURAT PENDEK DI KELAS II A MIN 1 YOGYAKARTA)
14480064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBIASAAN MEMIMPIN DOA DAN HAFALAN SURAT PENDEK DI KELAS II A MIN 1 YOGYAKARTA)
14480064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nilai karakter tanggungjawab merupakan sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, sebagaimana yang seharusnya ia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), Negara, dan Tuhan Yang Maha Esa. Nilai tanggungjawab merupakan salah satu nilai yang perlu ditananmkan pada jenjang sekolah dasar, khususnya untuk siswa yang berumur antara 7-8 tahun. Untuk menanamkan nilai tanggungjawab kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan kegiatan. Dalam hal ini, peneliti menemukan cara yang unik yang dilakukan oleh guru kelas IIA untuk melatih siswa bertanggungjawab dengan tugas yang diberikan. Yaitu dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk memimpin doa dan hafalan surat pendek dengan giliran sesuai dengan urutan nomor absensi yang tidak dilakukan oleh kelas lain. Kegiatan tersebut dapat menjadi pilihan untuk melatih siswa bertanggungjawab dimulai dari hal-hal yang sederhana. Peneliti ini mengakaji: (1) implementasi penanaman nilai tanggungjawab melalui pembiasaan memimpin doa dan hafalan surat pendek, (2) macam-macam tanggungjawab yang ditanamkan melalui pembiasaan memimpin doa dan hafalan surat pendek di kelas IIA MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan berlokasi di MIN 1 Yogyakarta Jalan Mendungwarih No 149 A, Desa Mendungan Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipasi pasif, metode wawancara semiterstruktur, metode dokumentasi. Analisis data: data reduction, data display dan conclusion drawing/verifivication. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Implementasi penanaman nilai tanggungjawab melalui pembiasaan memimpin doa dan hafalan surat pendek, yaitu: hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan metode pembiasaan secara tidak terprogram berupa kegiatan rutin. Pendekatan yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai tanggungjawab tersebut ialah pendekatan pembelajaran berbuat (action learning approach) dan pendekatan klarifikasi nilai (values clarification approach). Sistem evaluasi yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan teori yang ada, karena guru tidak membuat indikator pencapaian sikap tanggungjawab siswa secara jelas. Adapun untuk ketercapaian penanaman nilai tanggungjawab, peneliti merumuskan ke dalam beberapa indikator sikap tanggungjawab. Indikator sikap tanggungjawab siswa yang muncul dalam kegiatan tersebut, diantaranya: (1) melakukan sesuatu yang harus dilakukannya, (2) selalu menunjukkan ketekunan, kerajinan dan terus berusaha, (3) selalu melakukan yang ix terbaik untuk dirinya dan orang lain, (4) melaksanakan tugas individu dengan baik, (5) disiplin, (6) melakukan tugas tanpa disuruh, (7) menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam ruang lingkup terdekat, (8) membuat laporan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan. Kedua, Macam-macam tanggungjawab yang ditanamkan melalui pembiasaan memimpin doa dan hafalan surat pendek ialah (1) tanggungjawab terhadap diri sendiri, dan (2) tanggungjawab terhadap Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Implementasi Penanaman, Nilai Tanggungjawab, Pembiasaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Jul 2019 08:20
Last Modified: 01 Jul 2019 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum