DIVERSIFIKASI PEMBIAYAAN SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN RISIKO KREDIT DAN RISIKO LIKUIDITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA

MAULIDA MASRUROH, NIM. 1620310025 (2018) DIVERSIFIKASI PEMBIAYAAN SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN RISIKO KREDIT DAN RISIKO LIKUIDITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIVERSIFIKASI PEMBIAYAAN SEBAGAI STRATEGI MANAJEMEN RISIKO KREDIT DAN RISIKO LIKUIDITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA)
1620310025_BAB I, V, DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1620310025_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyebaran pembiayaan pada bank syariah masih belum tersebar secara merata, sedangkan Teori Portofolio Investasi Markowitz menyatakan “Don’t put all your eggs in one basket”, sehingga perlu diversifikasi investasi atau pembiayaan yang diharapkan dapat mengurangi terjadinya risiko gagal bayar dan risiko likuiditas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh diversifikasi pembiayaan berdasarkan sektor ekonomi, jenis akad, dan penggunaan pembiayaan terhadap Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan periode penelitian dari tahun 2010-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupa publikasi laporan keuangan bulanan bank syariah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian adalah bahwa secara parsial diversifikasi pembiayaan berdasarkan sektor ekonomi, diversifikasi pembiayaan berdasarkan jenis akad dan diversifikasi pembiayaan berdasarkan penggunaan pembiayaan berpengaruh tidak berpengaruh terhadap NPF. Kemudian, diversifikasi pembiayaan berdasarkan sektor ekonomi dan diversifikasi pembiayaan berdasarkan penggunaan pembiayaan tidak mempengaruhi FDR, sedangkan diversifikasi pembiayaan berdasarkan jenis akad berpengaruh negatif dan signifikan terhadap FDR.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, M.Si., SE., AK., CA.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Diversifikasi pembiayaan berdasarkan sektor ekonomi, jenis akad, penggunaan pembiayaan, Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR).
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 09:54
Last Modified: 03 Jul 2019 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum