NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL SANG PENDIDIK KARYA AGUK IRAWAN MN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

M. Kholil, NIM. 12410237 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL SANG PENDIDIK KARYA AGUK IRAWAN MN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL SANG PENDIDIK KARYA AGUK IRAWAN MN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410237_BAB I_IV .TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL SANG PENDIDIK KARYA AGUK IRAWAN MN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410237_BAB II_II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan bukan hanya sekedar proses transformasi ilmu, akan tetapi pendidikan juga bertujuan membentuk dan menanamkan generasi yang berakhlak mulia. Seperti halnya buku bacaan lain, novel juga dapat difungsikan sebagai media pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pesan-pesan agama yang ada dalam sebuah karya sastra novel Sang Pendidik yakni tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuan dalam pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan hermeneutik. Sedangkan dalam pungumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis ini (content analicys). Dalam hal ini peneliti akan mengungkapkan tentang isi atau nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam novel Sang Pendidik kemudian menafsirkan relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pesan pendidikan akhlak dalam novel Sang Pendidik, yaitu pertama, akhlak kepada meliputi bersandar kepada Allah, bertaubat kepada Allah, dan mentaati ajaran agama. Kedua,akhlak kepada diri sendiri meliputi pemaaf, cinta ilmu, sabar dan larangan marah, optimis dan tidak mudah putus asa, tegas dan pemberani, memegang janji serta rendah hati dan tidak sombong. Ketiga, akhlak kepada keluarga meliputi kasih sayang kepada anak, berbakti kepada suami, dan berbakti kepada orang tua. Keempat akhlak kepada masyarakat meliputi menegakkan kebenaran dan memusnahkan kebatilan, mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi, berbagi sedekah dan ikhlas dalam mengamalkan ilmu. 2) ada relevansi yang sangat erat antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Sang pendidik dengan pendidikan agama islam. Keduanya sama-sama mengajak manusia kepada kebaikan dan meninggalkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran agama islam baik dalam hubungan kepada Allah, kepada diri sendiri, maupun kepada orang lain. Kata kunci: Nilai, Islam, Pendidikan Akhlak, Novel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Islam, Pendidikan Akhlak, Novel
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:16
Last Modified: 16 Mar 2020 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum