INTERNALISASI NILAI-NILAI KESALEHAN PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Muhammad Mursyid, NIM. 1520011049 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI KESALEHAN PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KESALEHAN PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13120035_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KESALEHAN PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13120035_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Kurangnya mutu pendidikan di Indonesia dengan rendahnya kualitas hasil output berupa SDM yang disebabkan oleh penerapan sistem di Indonesia yang masih salah dan munculnya arus global serta modernisasi yang berdampak pada pergaulan siswa yang salah. Munculnya permasalahan tersebutlah yang memicu pemerintah memunculkan sebuah kebijakan terkait dengan sistem pendidikan baru yaitu full day school sesuai dengan perundangan terbaru yaitu Undang -Undang RI Nomor 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) pasal 1 ayat 1 dengan tujuan diberikannya pendidikan terbaik baik bagi anak didik atau siswa dari aspek akademik dan non akademik serta memberikan perlindungan bagi anak dari pergaulan bebas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan triangulasi sebagai metode uji keabsahan data. Terdapat Terdapat tiga pendekatan dalam Internalisasi Nilai-Nilai Kesalehan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta yaitu pendekatan mikro dengan permasalahan yang didapatkan adalah kurang fokusya siswa pada suatu kegiatan, manajemen waktu, dan tidak adanya waktu untuk bersosialisasi dengan teman. Dengan munculnya permasalahan tersebut, pihak SMPIT Abu Bakar Yogyakarta berupaya untuk melakukan pendampingan melalui guru BK secara face to face. Pendekatan meso dilakukan dengan pembiasaan saat berangkat ke sekolah, Pembiasaan Saat upacara hari senin, Pembiasaan saat Kegiatan Belajar Mengajar di kelas, Pembiasaan saat istirahat, dan beberapa kegiatan lainnya. Sedangkan pendekatan makro dilakukan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta adalah dengan dilakukannya kolaborasi dan keterlibatan orang tua serta masyarakat sekitar dalam proses pembentukan karakter. Salah satunya adalah dengan dilakukannya kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Dengan demikian beberapa internalisasi yang dapat diterapkan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta adalah nilai kemandirian, nilai kedisiplinan, nilai kepemimpinan, nilai religious, dan beberapa nilai lainnya. Dalam prakterknya terdapat beberapa faktor yang mendukung seperti latar belakang peserta didik, kartu Mutaba’ah Yaumiyah, pelaksanaan iqab (Hukuman), dan dukungan dari orang tua peserta didik.sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan desain program sekolah, keberagaman peserta didik, dan kemajuan teknologi. Terdapat tiga pendekatan yang digunakan SMPIT Abu Bakar Yogyakarta dalam menginternalisasikan nilai kesalehan yaitu mikro, meso dan makro dengan pembiasaan – pembiasaan yang dilakukan dalam kegiatan setiap harinya. Lebih mengintensifkan komunikasi dua arah yaitu kepada siswa maupun orang tua dan wali siswa sehingga pelaksanaan program program sekolah dapat berjalan sesuai dengan tujuan awal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Kesalehan, Full Day School
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:40
Last Modified: 17 Dec 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum