EFEKTIVITAS METODE COX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA

Puan Maharani, NIM.:15480011 (2019) EFEKTIVITAS METODE COX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS METODE COX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA)
15480011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE COX TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MIN 1 YOGYAKARTA)
15480011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapatkan pembelajaran metode Cox dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran metode konvensional pada pembelajaran tematik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang dilaksanakan dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 1 Yogyakarta yang berjumlah 83 siswa, terdiri dari 3 kelas yaitu IVA, IVB, dan IVC. Sampel yang digunakan berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang sudah melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji statistika nonparametrik yaitu uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Cox dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode konvensional atau tanpa metode Cox. Hal tersebut diketahui dari hasil uji Mann Whitney skor posttest, diketahui bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,123 > 0,05, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Oleh karena itu, metode Cox tidak terbukti lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca pemahaman dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Cox, Membaca Pemahaman.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:27
Last Modified: 06 Jan 2020 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum