PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SDN WIROKERTEN KABUPATEN BANTUL

Habib Khalilur Rahman, NIM: 15480060 (2019) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SDN WIROKERTEN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SDN WIROKERTEN KABUPATEN BANTUL)
15480060_ PRA BAB_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SDN WIROKERTEN KABUPATEN BANTUL)
15480060_ BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang ditulisnya penelitian ini adalah dampak globalisasi yang terjadi saat ini membuat masyarakat melupakan pendidikan karakter bangsa. Arus globalisasi mengakibatkan merosotnya penanaman dan pembentukan nilai-nilai karakter dan spiritual masyarakat, tindakan kriminal dengan cara menghalalkan segala cara dan tindakan asusila bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat. Kejadian tersebut disebabkan mulai hilangnya karakter bangsa yang ada di dalam masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya penanaman dan pembentukan nilai-nilai karakter kepada anak bangsa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja peran guru dalam pembentukan karakter religius siswa di SDN Wirokerten Kabupaten Bantul,(2) Bagaimana proses pembentukan karakter religius siswa di SDN Wirokerten Kabupaten Bantul,(3) Apa metode/strategi yang digunakan dalam membentuk karakter religius siswa di SDN Wirokerten Kabupaten Bantul. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran umum tentang peran guru dalam membentuk karakter religius siswa pada tingkat sekolah dasar di SDN Wirokerten Kabupaten Bantul. Hasil dari penelitian ini menjelaskan peran guru sangat penting dalam pembentukan karakter religius siswa, adapun peran guru dalam membentuk karakter religius siswa meliputi guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator. Proses pembentukan karakter religius siswa melalui beberapa tahapan: pemahaman, pembiasaan, teladan yang baik. Kemudian metode/strategi yang digunakan dalam membentuk karakter religius siswa diantaranya: metode pembiasaan, metode keteladanan, metode mendidik kedisiplinan, metode reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembentukan karakter, Religius
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:56
Last Modified: 09 Jan 2020 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum