PENGUATAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) LANGGENG MAJU DUSUN MANDUNGAN MELALUI PENYULUHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK KOMUNITAS

Femilasari, Putri Intan and Putri, Yulaikha Eka and Setyarti, Eni and Ramadanti, Desi and Qoriah, Nafi’ Fithratul (2019) PENGUATAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) LANGGENG MAJU DUSUN MANDUNGAN MELALUI PENYULUHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK KOMUNITAS. In: PROCEEDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PSIKOLOGI “Pendampingan Ekonomi dan Pengembangan Organisasi Masyarakat”. prosiding, - . LABORATORIUM PSIKOLOGI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Yogyakarta, pp. 15-20. ISBN 978-602-60774-2-4

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Depan.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Putri Intan Femilasari, Yulaikha Eka Putri, Eni Setyarti, Desi Ramadanti,.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

Tujuan intervensi ini adalah untuk mengembangkan kegiatan komunitas Kelompok Wanita Tani (KWT) yang sudah ada, mengembangkan ketrampilan anggota KWT dalam hal pemasaran dan untuk mengenalkan produk KWT kepada masyarakat luas sebagai strategi perluasan pasar. Hal ini dapat meningkatkan nilai penjualan dari produk-produk KWT melalui mekanisme memperbesar area pasar dengan mengenalkan keunggulan produk-produk KWT. Sasaran peserta dalam intervensi ini adalah ibu-ibu anggota KWT di Dusun Mandungan yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam intervensi mengenai pemasaran produk adalah psikoedukasi yaitu berupa penyuluhan terkait pemasaran produk home industry untuk mengembangkan keterampilan. Materi yang diberikan dalam intervensi mengenai pemasaran meliputi cara-cara melakukan pengemasandari produk-produk jamu buatan KWT dan tata cara melakukan pemasaran produk serta cara mendapatkan izin PIRT. Selain itu cara agar produk tembus ke agen distribusi juga dijelaskan. Hasil intervensi menunjukkan kelompok KWT sangat antusias dengan penyuluhan yang peneliti lakukan, karena penyuluhan ini membuka jalan kelompok KWT untuk berkenalan dan menyambung relasi dengan pemateri yang merupakan produsen jamu yang sudah cukup ternama. Kata Kunci: Penguatan Kelompok, Kelompok Wanita Tani (KWT), Penyuluhan dan Pemasaran Produk Putri Intan Femilasari, Yulaikha Eka Putri, Eni Setyarti, Desi Ramadanti, Nafi’ Fithratul Qoriah

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penguatan Kelompok, Kelompok Wanita Tani (KWT), Penyuluhan dan Pemasaran Produk
Subjects: Pembangunan Desa
Divisions: UINSIANA > 6. Proceeding
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:18
Last Modified: 16 Mar 2020 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37355

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum