MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

AMIR MA'RUF - NIM. 04410785, (2010) MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa tempat belajar anak-anak difabel adalah Sekolah Luar Biasa (SLB), padahal banyak sekolah yang dapat dimasuki oleh siswa difabel sebagai tempat belajar, atau yang dikenal dengan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi adalah pendidikan yang manampung dan mendidik siswa-siswinya tanpa melihat bentuk dan kemampuan fisik maupun psikis. Semua anak dapat mengikuti pendidikan di lembaga tersebut, tanpa diskriminasi, dan mendapat perlakuan sama. Sebagai contoh, salah satu madrasah yang melaksanakan program pendidikan inklusi adalah MAN Maguwoharjo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis yang disandarkan pada studi kasus, yakni di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa MAN Maguwoharjo melaksanakan pendidikan inklusi sejak berdiri, yakni tahun 1967. Madrasah ini menerima dan mendidik siswa difabel sebagaimana layaknya siswa-siswi yang lain. Kurikulum yang digunakan menggunakan kurikulum Departemen Agama. dari pengalaman yang telah lalu, ternyata siswa difabel dapat mencerna pelajaran yang diberikan, dan mempunyai kemampuan emosi dan sosial yang bagus, dan meningkat secara signifikan. Hampir setiap tahun, siswa terbaik adalah siswa difabel. Ini menunjukkan bahwa dengan pendidikan inklusi, siswa difabel diuntungkan dengan lingkungan belajar yang luas, memunyai kesempatan berinteraksi sosial dengan siswa yang normal, dan siswa yang normal mampu belajar bahwa tidak semua orang memiliki kemamuan yang sama. Keunggulan pelaksanaan pendidikan inklusi di MAN Maguwoharjo adalah pengamalan memberlakukan pendidikan inklusi, mempunyai guru yang mempunyai pengetahuan inklusi yang bagus, dan dukungan dari berbagai pihak yang senantiasa mendukung terselenggaranya pendidikan inklusi. Hambatan yang ditemui antara lain: sekolah belum mempunyai ruang baca bagi siswa difabel, tidak ada relawan yang membantuk belajar siswa , belum mempunyai buku pelajaran braille dalam jumlah cukup, dan fasilitas pembelajaran yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusi, pendidikan siswa difabel
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Jul 2013 18:02
Last Modified: 25 Jul 2013 18:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum