PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES

Siti Halawatus Sa’diyah, NIM 14410044 (2019) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES)
14410044_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES)
14410044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang skripsi ini adalah kurangnnya kesadaran masayarakat tentang adannya nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam tradisi “Ngasa” karena Sistem pengetahuan masyarakat tentang tradisi “Ngasa” hanya diperoleh secara turun temurun melalui keluarga dan lingkungan sekitar. Perlu kita sadari bahwa nilai-nilai luhur budaya bangsa saat ini mengalami banyak tantangan, disebabkan derasnya arus teknologi informasi dan gelobalisasi sehingga banyak nilai-nilai dari luar masuk dan mengintervensi nilai-nilai asli budaya bangsa. Latar belakang tersebut mendorong peneliti untuk mengeksplorasi tentang nilai pendidikan akhlak yang ada dalam budaya lokal “Ngasa” pada masyarakat Kampung Budaya Jalawastu. Tujuan penelitiaan ini untuk mendeskripsikan tentang proses pendidikan akhlak dalam budaya lokal “Ngasa” dan mendeskripsikan Perilaku masyarakat dalam budaya lokal “Ngasa” di Kampung Budaya Jalawastu Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Brebes. Adapun pengumpulan data yang dialakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan adalah antropologi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan terianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pendidikan akhlak dalam budaya lokal “Ngasa” pada masyarakat Kampung Budaya Jalawastu sudah tertanam secara turun temurun sejak dahulu karena merupakan nilai-nilai asli kampung budaya Jalawastu terutama dalam setiap tahapan yang ada dalam upacara Ngasa, terkandung Proses pendidikan akhlak di dalamnya yaitu pada tahapan persiapan (musyawarah, dan semangat persaudaraan (gotong royong)), dan tahapan pelaksanaan (keteladanan, norma sosial, kesederhanaan dan cinta budaya). 2) Perilaku masyarakat dalam budaya lokal “Ngasa” yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan akhlak di kampung budaya Jalawastu meliputi: akhlak kepada Allah SWT (syukur, dan tawakal) akhlak kepada sesama manusia (etika sopan santun, sedekah, silaturahmi, tolong menolong, menjaga lisan, menghormati orang lain, pemurah, dan berhati-hati), dan akhlak kepada lingkungan. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Ngasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Ngasa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2020 17:01
Last Modified: 12 Jun 2020 17:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37864

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum