KONSEP EKOFEMINISME VANDANA SHIVA DAN IMPLIKASINYA PADA PENGEMBANGAN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INKLUSIF GENDER

CAHAYA KHAERONI - NIM. 05410008, (2010) KONSEP EKOFEMINISME VANDANA SHIVA DAN IMPLIKASINYA PADA PENGEMBANGAN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INKLUSIF GENDER. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP EKOFEMINISME VANDANA SHIVA DAN IMPLIKASINYA PADA PENGEMBANGAN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INKLUSIF GENDER)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[img] Text (KONSEP EKOFEMINISME VANDANA SHIVA DAN IMPLIKASINYA PADA PENGEMBANGAN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INKLUSIF GENDER)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa upaya pengarusutamaan gender dalam konteks pendidikan Islam saat ini sesungguhnya sedang dihadapkan pada problem modernitas, yakni maskulinitas (sebuah ideologi yang lebih menonjolkan sifat kompetitif, ambisi, dan memenuhi kepentingan pribadi) yang menghegemoni konstruksi pemikiran manusia modern termasuk konstruksi pemikiran gerakan feminis yang seharusnya menjadi pembela ideologi feminitas (cinta, pengasuhan dan pemeliharaan). Hal ini berdampak pada terjadinya kekerasan terhadap perempuan, meningkatnya kriminalitas, menurunnya solidaritas sosial, kurangnya kepedulian terhadap keluarga, dan hancurnya lingkungan. Sementara disisi lain, kondisi pendidikan agama Islam yang telah berlangsung selama ini, dinilai oleh banyak pihak sebagai indoktrinatif , atau bahkan menjadi bagian dari alat justifikasi kekuasaan. Hal inilah yang mengilhami penulis untuk meneliti vandana shiva yang lebih menegaskan perlunya pemulihan nilai feminin melalui konsep ekofeminisme sebagai landasan pengarusutamaan gender dan sebagai counter attack atas hegemoni maskulinitas. Skripsi ini ingin memaparkan konsep ekofeminisme Vandana Shiva dan mencari implikasinya terhadap upaya pengembangan paradigma pendidikan agama Islam inklusif gender. Dengan berfokus pada data-data dokumentatif berupa karya-karya Vandana Shiva dan sumber-sumber sekunder maka penelitian ini di arahkan pada penelitian kualitatif, dan dengan hal ini pula dapat dikategorikan sebagai library research. Terkait dengan pendekatan, penelitian ini memilih pendekatan filosofis. Sedangkan analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwasanya konsep ekofeminisme vandana shiva menegaskan perlunya pemulihan nilai feminin yang didasarkan pada prinsip keseluruhan yakni memandang alam sebagai organisme hidup, terhadap perempuan memandang sebagai mahluk yang produktif dan aktif terhadap lakilaki adalah pengalihan konstruksi pemikiran dari tindakan penghancuran menuju kepedulian. Sedangkan implikasinya terhadap upaya pengembangan paradigma pendidikan agama Islam inklusi gender adalah (1) proses pengarusutamaan gender sejatinya tidak didasarkan pada penanaman prinsip maskulinitas, yakni upaya bagaimana agar perempuan sejajar dengan laki-laki (dengan alasan laki-laki lebih tinggi dan mendominasi perempuan, sehingga perempuan juga perlu untuk mendominasi laki-laki), namun melandaskan pada nilai-nilai kemitraan. (2) Menanamkan nilai-nilai feminin secara seimbang terhadap perempuan dan lakilaki, agar nilai feminin tidak diidentikkan pada perempuan saja. (3) menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap alam, bertujuan agar baik laki-laki dan perempuan memiliki sikap sensitivitas terhadap problem ekologis. (4) menghapuskan dikotomi gender yang diciptakan antara pekerjaan amp;#8216;produktif dan amp;#8216;non produktif'. Dengan kata lain, perlunya menghapus stereotip bahwa pekerjaan yang menghasilkan uang dianggap satu-satunya pekerjaan produktif, begitu pula sebaliknya menganggap pekerjaan non-produktif adalah pekerjaan yang tidak menghasilkan nilai (uang), contoh: menanamkan kesadaran bahwa pekerjaan domestik dan non domestik adalah pekerjaan yang sama nilainya namun pekerjaan domestik bukanlah pekerjaan yang harus diidentikkan sebagai perempuan. (5). Pendidikan agama Islam seharusnya dituntut untuk lebih berorientasi pada upaya pemupukan wawasan keagamaan dalam kaitannya dengan religious intelektual building (pembentukan intelektual-keagamaan) dan pengintegrasian problematika empiris di sekitar peserta didik. Dari situ diharapkan bisa tumbuh kesadaran kritis dan cerdas pada diri peserta didik terhadap realitas sosio-kultural lingkungannya. Dalam wujud konkrit, sesungguhnya konsep Ekofeminisme Vandana Shiva setidaknya bisa diarahkan pada pengembangan tiga variabel yang ada dalam Pendidikan Agama Islam. Variabel-variabel tersebut adalah pendidik, metodologi pembelajaran, dan sumber atau materi pembelajaran. Hal itu dikarenakan, dalam analisa penulis ketiga variabel tersebut memiliki peran yang cukup signifikan dalam mewujudkan pendidikan agama Islam inklusif gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengarusutamaan gender, ekofeminisme Vandana Shiva
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Aug 2012 21:25
Last Modified: 30 Aug 2012 21:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum