HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PAI DAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN PARTISIPASI MEMAKMURKAN MASJID SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

NOVITA WULANSARI, NIM: 15410076 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PAI DAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN PARTISIPASI MEMAKMURKAN MASJID SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PAI DAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN PARTISIPASI MEMAKMURKAN MASJID SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
15410076_NOVITA_WULANSARI_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PAI DAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN PARTISIPASI MEMAKMURKAN MASJID SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
15410076_NOVITA_WULANSARI_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penduduk Indonesia adalah mayoritas beragama Islam, sehingga tidak bisa di pungkiri bahwa banyak berdiri masjid-masjid megah di setiap dusun. Tidak hanya disetiap dusun, namun kini di setiap sekolah pasti juga berdiri masjid sekolah, oleh karena masjid sekolah berdiri disekolah maka warga sekolahlah yang harus memperhatikan masjid, terutama kemakmurannya. Sebagaimana yang dilakukan warga terutama siswa SMP N 3 Tempel dalam membuat masjid tempat beraktifitas seperti untuk tadarus pagi, tempat rapat, membuat dan merencanakan kegiatan, serta membuat program memakmurkan masjid. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji secara empiris hubungan antara motivasi belajar PAI siswa kelas VIII dengan partisipasi memakmurkan masjid sekolah SMP Negeri 3 Tempel (2) menguji secara empiris hubungan antara prestasi belajar PAI siswa kelas VIII dengan partisipasi memakmurkan masjid sekolah SMP Negeri 3 Tempel (3) menguji secara empiris hubungan antara motivasi belajar PAI dan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII secara bersama-sama dengan partisipasi memakmurkan masjid sekolah SMPN 3 Tempel. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik cluster random sampling diambil 88 siswa. Pengumpulan datamenggunakan teknik skala, dokumentasi, dan observasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian adalah (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar PAI dengan partisipasi memakmurkan masjid sekolah (rx1 y = 0,639, p = 0,000 < 0,05). (2) Tidak ada korelasi yang signifikan anatar prestasi belajar PAI siswa dan partisipasi memakmurkan masjid sekolah SMPN 3 Tempel (r x2 y= -0,077, p= 0,238 > 0,05). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar PAI siswa dan prestasi belajar PAI siswa dengan partisipasi memakmurkan masjid sekolah. (R=0,644, P=0,000<0,05). Kata kunci: motivasi belajar PAI, prestasi belajar PAI, partisipasi memakmurkan masjid sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dri Purnami, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar PAI, prestasi belajar PAI, partisipasi memakmurkan masjid sekolah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Masjid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:53
Last Modified: 03 Feb 2020 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum