IMPLEMENTASI ALQURAN BRAILLE PADA PROGRAM BACA TULIS ALQURAN SISWA TUNANETRA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

RESTI ARIFIYANTI, NIM: 15410093 (2019) IMPLEMENTASI ALQURAN BRAILLE PADA PROGRAM BACA TULIS ALQURAN SISWA TUNANETRA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ALQURAN BRAILLE PADA PROGRAM BACA TULIS ALQURAN SISWA TUNANETRA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
15410093_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ALQURAN BRAILLE PADA PROGRAM BACA TULIS ALQURAN SISWA TUNANETRA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
15410093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran BTA menjadi pembelajaran mutlak yang harus diajarkan kepada seluruh peserta didik mengingat Alquran merupakan Kalamullah yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Belajar dan mengajarkan Alquran menjadi sebuah ibadah yang sifatnya wajib bagi seluruh umat muslim, termasuk juga bagi penyandang tunanetra. Pembelajaran BTA bagi penyandang tunanetra memiliki tingkat kerumitan tersendiri terkait dengan media utama yang digunakan dalam pembelajaran berupa Alquran Braille, sehingga tidak mengherankan jika banyak dari kalangan tunanetra yang masih buta baca Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Alquran Braille pada program BTA siswa tunanetra, serta mengetahui faktor penunjang dan kendala yang ditemukan selama implentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas VB yang berjumlah 3 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, kesimpulan, dan uji keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi Alquran Braille pada program BTA siswa tunanetra di SLB-A Yaketunis Yogyakarta termuat dalam tiga kegiatan, yaitu pembelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti, program BTA, serta program qira’ah dan retorika dakwah. (2) Faktor penunjang implementasi Alquran Braille antara lain ketersediaan Alquran Braille yang mencukupi, guru yang kompeten, dukungan pihak sekolah, serta adanya motivasi dari guru dan siswa. Sedangkan kendala yang ditemukan antara lain perbedaan motorik halus, perbedaan daya tangkap, serta kondisi siswa berkaitan dengan ketunaannya, Kata Kunci: Implementasi, Alquran Braille, Baca Tulis Alquran, Tunanetra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Alquran Braille, Baca Tulis Alquran, Tunanetra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
al Qur'an > Kumpulan Ayat
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:48
Last Modified: 03 Feb 2020 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum