ANALISIS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIT GRHATAMA PUSTAKA DPAD DIY BERDASARKAN IFLA GUIDELINES FOR LIBRARY SERVICES TO CHILDREN AGED 0-18

Arin Krisdiana, NIM. 15140074 (2019) ANALISIS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIT GRHATAMA PUSTAKA DPAD DIY BERDASARKAN IFLA GUIDELINES FOR LIBRARY SERVICES TO CHILDREN AGED 0-18. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIT GRHATAMA PUSTAKA DPAD DIY BERDASARKAN IFLA GUIDELINES FOR LIBRARY SERVICES TO CHILDREN AGED 0-18)
15140074_BAB I_BAB IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS LAYANAN ANAK DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIT GRHATAMA PUSTAKA DPAD DIY BERDASARKAN IFLA GUIDELINES FOR LIBRARY SERVICES TO CHILDREN AGED 0-18)
15140074_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai layanan anak di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka DPAD DIY berdasarkan IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi yang didasarkan pada IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18 di lapangan. Untuk menganalisinya menggunakan teori Milles dan Hubermen. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh tingkat kesesuaian adalah 17 komponen dari 24 komponen atau × 100= 70%. Sedangkan yang tidak sesuai ada 7 komponen dari 24 komponen atau × 100= 30%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa layanan anak di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka DPAD DIY sebagian besar hampir sesuai dengan IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18. Berdasarkan analisis diketahui komponen yang sesuai berupa tujuan perpustakaan anak-anak, tata tertib perpustakaan anak-anak, sumber daya manusia – kompetensi dan pengetahuan, pendidikan dan pelatihan pustakawan anak-anak, standard dan nilai etika, pendanaan dan mengelola anggaran dan sumber daya keuangan, sumber pendanaan, pengembangan dan manajemen koleksi, kebijakan pengembangan dan manajemen koleksi, program dan kegiatan penjangkauan masyarakat, desain ruang dan menciptakan tempat yang ramah, rentang usia, perabotan dan peralatan, penerangan, papan petunjuk dan cara menemukannya, aksesbilitas dari ruang pustaka, dan kesehatan dan keselamatan. Sedangkan komponen yang belum sesuai berupa misi perpustakaan anak-anak, kemitraan dan kolaborasi, format, sumber daya fisik dan digital, teknologi di perpustakaan anak-anak, konsultasi dengan pengguna – melibatkan anak-anak dan remaja dalam merancang ruang perpustakaan mereka, dan pemasaran dan promosi. Kata kunci: Layanan Anak, IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Afiati Handayu Diah Fitriyani, S.Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Layanan Anak, IFLA Guidelines For Library Services To Children Aged 0-18
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 11:22
Last Modified: 08 Jul 2020 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum